Keefektifan Pembelajaran Penemuan IPA Terbimbing Bagi Siswa Kelas V SDN Dupak I No. 6 Krembangan Surabaya

Hidayati, Titin Nur (2009) Keefektifan Pembelajaran Penemuan IPA Terbimbing Bagi Siswa Kelas V SDN Dupak I No. 6 Krembangan Surabaya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-titin-nurhidayati-07712259041.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap keefektifan pembelajaran penemuan IPA terbimbing dengan kelompok siswa berdasarkan motivasinya, menemukan ada tidaknya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan motivasi belajar IPA dalam mempengaruhi penguasaan konsep IPA pada tema pokok benda dan sifatnya, keterlaksanaan dan respon siswa terhadap pembelajaran penemuan IPA terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan variabel terikat penguasaan konsep IPA dan variabel bebasnya adalah pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar IPA siswa. Desain eksperimen faktorial 2 x 2 dengan dua taraf kualifikasi variabel bebas yaitu pembelajaran penemuan IPA terbimbing dan pembelajaran konvensional. Subjek penelitian sebanyak 46 siswa. Instrumen pengumpulan data terdiri: (1) kuesioner motivasi belajar IPA, (2) tes penguasaan konsep siswa, (3) lembar observasi, dan (4) angket respons siswa terhadap pembelajaran penemuan IPA terbimbing. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varian dua jalur pada taraf signifikansi 5 % (α = 0,05). Hasil penelitian ini adalah; (1) pembelajaran penemuan IPA terbimbing lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, hasil Anava menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari kedua pendekatan tersebut (Fh= 14,484; Ft = 4,06 dan p < 0,05), (2) siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajar dengan pendekatan penemuan IPA terbimbing memperoleh penguasaan konsep IPA yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajar dengan pendekatan konvensional (Fh = 8.898; Ft = 4,06 dan p < 0,05), (3) siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar dengan pendekatan penemuan IPA terbimbing memperoleh penguasaan konsep IPA yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar dengan pendekatan konvensional (Fh = 8.898; Ft = 4,06 dan p < 0,05), (4) tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap penguasaan konsep IPA pada pokok bahasan benda dan sifatnya (Fh = 2,381; Ft = 4,06 dan p > 0,05), (5) keterlaksanaan proses pembelajaran penemuan IPA terbimbing sangat baik, (6) sebagian besar siswa merespon positif terhadap pembelajaran penemuan IPA terbimbing dengan persentase sebesar ≥ 75 % untuk semua item pernyataan positif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 08 May 2017 03:31
Last Modified: 08 May 2017 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49077

Actions (login required)

View Item View Item