Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis HOTS bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Jurusan IPA

Wulandari, Lutfiana Tarita (2017) Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis HOTS bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Jurusan IPA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lutfina-tarita-wulandari-14716251035.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku teks Bahasa Inggris berbasis HOTS untuk siswa kelas sebelas jurusan IPA. Oleh karena itu, beberapa langkah dalam prosedur pengembangan materi dilakukan guna mencapai tujuan tersebut. Prosedur yang diterapkan dalam penelitian ini diadaptasi dari model R&D (Penelitian dan Pengembangan) oleh Jolly dan Bolitho (1998) karena model ini menawarkan langkah-langkah yang dapat disesuaikan dengan keadaan peneliti saat itu, sehingga langkah-langkah penelitian pun bersifat lebih dinamis. Langkah-langkah yang dimaksud antara lain: (1) identifikasi kebutuhan, (2) eksplorasi kebutuhan, (3) realisasi kontekstual, (4) realisasi pedagogik, (5) penyusunan materi, (6) evaluasi oleh ahli, (7) uji coba pada siswa, dan (8) evaluasi oleh siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 8 Yogyakarta, dengan siswa kelas sebelas jurusan IPA sebagai subjek penelitian. Data survey diperoleh dengan cara menyebarkan angket dan melakukan wawancara. Tiga set angket (angket kebutuhan siswa, evaluasi ahli, dan evaluasi siswa) dan dua set panduan wawancara (untuk mengetahui kebutuhan siswa sebelum pengembangan materi, dan untuk mengetahui respon siswa setelah uji coba materi) diguankan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode analisis kuantitatif dan kualitatif dalam mengolah data penelitian. Setelah melakukan penelitian ini, peneliti menarik kesimpulan bahwa buku teks yang tepat untuk siswa kelas sebelas jurusan IPA adalah buku yang mengimplementasikan HOTS, memperhatikan kebutuhan siswa, dan berorientasi pada Kurikulum 2013. Dengan merujuk pada hasil evaluasi ahli dan siswa, peneliti menyarankan buku teks berjudul EXCELLENT sebagai buku teks yang tepat untuk diimplementasikan pada pembelajaran Bahasa Inggris bagi siswa kelas sebelas jurusan IPA. Hasil rata-rata yang diperoleh dari penilaian ahli adalah 4,71, yang berarti “sangat baik”. Sedangkan hasil rata-rata penilaian siswa terhadap kualitas buku mencapai 3,92 yang dikategorikan “baik”.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 May 2017 06:12
Last Modified: 29 Jan 2019 12:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49060

Actions (login required)

View Item View Item