Kompetensi Guru MI dalam Pembelajaran IPS di Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri

Basori, Muhamad (2009) Kompetensi Guru MI dalam Pembelajaran IPS di Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhamad-basori-07712259004.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kompetensi guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dalam melaksanakan proses pembelajaran, dan sumbangan antara latar belakang pendidikan, frekuensi penataran, pengalaman mengajar, dan sikap terhadap profesi, pada kompetensi guru MI di Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dalam melaksanakan proses pembelajaran IPS, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post facto dengan populasi penelitian berjumlah 66 orang guru kelas (MI) yang mengajar IPS di Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri, jumlah sampel yang diambil sebanyak 65% atau 43 responden. Pengumpulan data menggunakan angket, yaitu: angket 1 digunakan untuk menjaring data variabel latar belakang pendidikan, frekuensi penataran, pengalaman mengajar, dan sikap terhadap profesi; angket 2 digunakan untuk menjaring data variabel kompetensi guru MI dalam pembelajaran IPS di Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Penelitian dilakukan sejak bulan Januari sampai dengan bulan Mei 2009. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kompetensi guru MI dalam melaksanakan proses pembelajaran IPS di Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri termasuk dalam kategori tinggi, (2) latar belakang pendidikan menyumbang secara signifikan sebesar 15,3% terhadap kompetensi guru MI dalam melaksanakan proses pembelajaran IPS, dengan thitung = 4,155, dan p = 0,000, (3) frekuensi penataran menyumbang secara signifikan sebesar 20,5% terhadap kompetensi guru MI dalam melaksanakan proses pembelajaran IPS, dengan thitung = 5,015, dan p = 0,000, (4) pengalaman mengajar menyumbang secara signifikan sebesar 11,4% terhadap kompetensi guru MI dalam melaksanakan proses pembelajaran IPS, dengan thitung = 3,513, dan p = 0,001, (5) sikap terhadap profesi menyumbang secara signifikan sebesar 14,7% terhadap kompetensi guru MI dalam melaksanakan proses pembelajaran IPS, dengan thitung = 4,078, dan p = 0,000, dan (6) secara bersama-sama latar belakang pendidikan, frekuensi penataran, pengalaman mengajar, dan sikap terhadap profesi menyumbang secara signifikan sebesar 64% terhadap kompetensi guru MI dalam melaksanakan proses pembelajaran IPS di Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri, dengan F = 42,073, dan p = 0,000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guru - profesionalisme
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 04 May 2017 10:26
Last Modified: 04 May 2017 10:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49048

Actions (login required)

View Item View Item