Implementasi Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Apresiasi Puisi Siswa pada MIN Pandak Daun Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Khairullah, Khairullah (2009) Implementasi Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Apresiasi Puisi Siswa pada MIN Pandak Daun Kabupaten Hulu Sungai Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-khairullah-07712259063.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi puisi siswa, dan aktivitas siswa, serta meningkatkan sikap siswa menjadi lebih menggemari dan menikmati pada pembelajaran apresiasi puisi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan di MIN Pandak Daun Kabupaten Hulu Sungai selatan pada kelas V semester II Tahun pelajaran 2008/2009. Terdiri atas empat kali pertemuan dalam dua kali siklus dengan menggunakan model spiral menurut Kemmis & McTaggart. Peneliti bertindak sebagai pengamat, sedangkan kolabolator yaitu guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di kelas V sebagai pelaksana tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar pengamatan. Data siswa dalam mengapresiasi puisi dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan data tentang aktivitas serta sikap siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dianalis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disebutkan berikut ini. Pertama, skore apresiasi puisi siswa pra tindakan dengan rentang skor 0-100 adalah 56 yang termasuk dalam kategore kurang . Pada siklus I skore apresiasi puisi siswa mengalami peningkatan menjadi 60 termasuk dalam kategore kurang. Pada siklus II skore apresiasi puisi siswa mengalami peningkatan menjadi 74 termasuk dalam kategore baik. Kedua, skore aktivitas siswa pra tindakan sangat rendah, yaitu 16,67% siswa aktif mendengar, dan 12,5% siswa yang lain membaca. Pada siklus I skore aktivitas siswa mengalami peningkatan, yaitu siswa aktif mendengar sebesar 20,83%, siswa aktif membaca 20,83%, siswa aktif menulis sebesar 8,33% dan siswa aktif berbicara 1,47%. Pada siklus II skore aktivitas siswa mengalami peningkatan, siswa aktif mendengar sebesar 41,67%, siswa aktif membaca 33,33%, siswa aktif menulis 16,67% dan siswa aktif berbicara 8,33%. Ketiga, skore sikap siswa menggemari dan menikmati apresiasi puisi pra tindakan adalah 20,83% mengemari, 20,83% menikmati, siswa lainya pasif, Pada siklus I skore sikap siswa mengalami peningkatan, yaitu siswa menggemari sebesar 33,34%, siswa menikmati sebesar 41,66%, siswa lainnya pasif. Pada siklus II skore sikap siswa mengalami peningkatan, yaitu siswa menggemari sebesar 45,83%, siswa menikmati sebesar 54,17%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 04 May 2017 09:50
Last Modified: 04 May 2017 09:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49046

Actions (login required)

View Item View Item