Keefektifan Model Pembelajaran Kreatif–Produktif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas V Di MI Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi

Junaidi, Junaidi (2009) Keefektifan Model Pembelajaran Kreatif–Produktif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas V Di MI Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-junaidi-07712259026.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektivitas model pembelajaran kreatif-produktif pengaruhnya terhadap prestasi belajar dan kecepatan unjuk kerja dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi terhadap peserta didik kelas V tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen quasi. Subjek penelitian berjumlah 65 peserta didik yang dimodifikasi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol secara cluster sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal prestasi belajar IPS dan angket gaya belajar peserta didik, yang sudah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Koefisiensi reliabilitas masing-masing instrument lebih dari 0,7. Sebelum data dianalisis dilakukan pengujian prasyarat analisis dengan metode Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas, serta metode Test of Homogeneity of Variance. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Multivarite Analisis Of Variance (MANOVA) pada signifikansi 5%. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) model pembelajaran kreatif produktif lebih efektif daripada metode diskusi diskusi dan tanyajawab ditinjau dari prestasi belajar IPS peserta didik, (2) model pembelajaran kreatif-produktif lebih efektif daripada metode diskusi diskusi dan tanyajawab ditinjau dari kecepatan unjuk kerja belajar IPS peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 May 2017 09:26
Last Modified: 29 Jan 2019 12:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49044

Actions (login required)

View Item View Item