Peningkatan Nilai Moralitas Siswa Melalui Pembelajaran IPS Terintegrasi di MI Negeri Kemantan Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi

Dahril, Dahril (2009) Peningkatan Nilai Moralitas Siswa Melalui Pembelajaran IPS Terintegrasi di MI Negeri Kemantan Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dahril-07712259068.swf

Download (1MB)

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai moralitas siswa kelas IV MIN Kemantan Kabaupaten Kerinci Provinsi Jambi, melalui pembelajaran IPS terintegrasi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan desain model Kemmis and Mc Tagart melalui pembelajaran berkelompok dalam tiga siklus tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Negeri Kemantan Provinsi Jambi sebanyak 20 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi yang dipandu dengan lembar observasi. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian penanaman nilai moral dalam pembelajaran IPS terhadap nilai moralitas siswa yang dilakukan dengan aktivitas belajar individu, kelompok, dan klasikal, mampu meningkatkan pemahaman dan perilaku moral siswa kelas IV MI Negeri Kemantan Provinsi Jambi. Hasil pengintegrasian penanaman nilai moral dalam pembelajaran IPS dari tindakan siklus I sampai siklus terakhir menunjukkan peningkatan sebagai berikut: a) Perilaku moral siswa dalam aktivitas individu, mengalami kenaikan dari 10 siswa (50%) pada siklus I, naik menjadi 12 siswa (60%) pada siklus II dan 16 siswa (80%) pada siklus III, b) Perilaku moral siswa dalam aktivitas kelompok, dari 7 siswa (36%) siklus I naik menjadi 9 (45%) pada siklus II dan 17 (80%) pada siklus III. c) Perilaku moral siswa dalam aktivitas kelas mengalami kenaikan dari 6 siswa (30%) pada siklus I naik menjadi 8 siswa (40%) pada siklus II dan 15 siswa (75%) dari pada siklus III.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: nilai moralitas, pembelajaran IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 02 May 2017 09:53
Last Modified: 02 May 2017 09:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48979

Actions (login required)

View Item View Item