Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Multilevel pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Atiaturrahmaniah, Atiaturrahmaniah (2009) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Multilevel pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-atiaturrahmaniah-07712251004.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat perangkat pembelajaran kooperatif multilevel pada pelajaran matematika untuk Sekolah Dasar yang telah teruji dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Pengembangan perangkat tersebut dimulai dari tahap pengumpulan data, desain produk, validasi, tahap uji coba dan revisi, dan menghasilkan produk akhir. Selanjutnya tahap penyebaran belum dilakukan dalam penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas dan keterampilan kooperatif siswa, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran kooperatif multilevel pokok bahasan bilangan pecahan yang terdiri dari Rencana Pembelajaran (RP), Buku Guru (BG), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif multilevel termasuk dalam katagori baik. Hasil pre-tes dan pos-tes yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ini mempunyai dampak yang baik terhadap ketuntasan belajar siswa. Dari 82 siswa, terdapat 43 siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar minimal, yaitu memperoleh nilai ≥ 65. Sedangkan persentase ketuntasan belajar setelah menggunakan perangkat permbelajaran dan strategi belajar kooperati multilevel adalah 71 orang atau 86,6% siswa yang mencapai ketuntasan termasuk, dalam kategori ketuntasan belajar “sangat baik”.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 02 May 2017 09:22
Last Modified: 02 May 2017 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48977

Actions (login required)

View Item View Item