Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah I Pare Kabupaten Kediri

Laila, Alfi (2009) Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah I Pare Kabupaten Kediri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-alfi-laila-07712259010.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan penilaian portofolio, (2) pelaksanaan penilaian portofolio, dan (3) penilaian potofolio peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia MI Muhammadiayah I Pare Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah evaluasi bebas tujuan dari Michael Scriven. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data kuesioner dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan program spss 16,0 for windows; wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta penarikan kesimpulan; data dokumentasi dianalisis dan sebagai triangulasi data wawancara. Uji validitas instrumen kuesioner dilakukan dengan teknik validitas isi dengan mengkonsultasikan dengan validator yang ditentukan oleh pembimbing, reliabilitas intrumen ditentukan dengan menghitung koefisien alpha Cronbach. Subjek penelitian adalah 15 guru bahasa Indonesia dan 250 peserta didik kelas atas (empat, lima, dan enam) Madarasah Ibtidaiyah Muhammadiyah I Pare Kabupaten Kediri. Hasil penelitian dapat dirinci menjadi tiga. Pertama perencanaan penilaian dalam kategori baik. Dalam hal pelibatan peserta didik belum terlaksana dengan baik. Kedua, kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian portofolio dalam sudah memadai dan masuk dalam kategori baik. Dalam hal penentuan jadwal konsultasi tidak ada, semua guru belum meminta peserta didik untuk merefleksikan hasil kerjanya, baik secara lisan maupun tulisan. Ketiga, pelaksanaan penilaian dalam kategori baik, penentuan tugas portofolio, menyusun, dialog dilakukan oleh sebagian guru. Penyimpanan portofolio sudah baik sekali, Penilaian sepenuhnya dilakukan oleh guru, peserta didik tidak diberi kesempatan untuk menilai karya sendiri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penelaian portofolio, bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 02 May 2017 06:09
Last Modified: 29 Jan 2019 12:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48972

Actions (login required)

View Item View Item