Hubungan antara Interaksi Sosial Siswa dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Madrasah Ibtidaiyah Se-Kab. Gorontalo

Nurwati, A. (2009) Hubungan antara Interaksi Sosial Siswa dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Madrasah Ibtidaiyah Se-Kab. Gorontalo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-a-nurwati-07712259056.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Gorontalo. Interaksi sosial siswa meliputi pola asuh orang tua, interaksi teman sebaya, interaksi guru dan siswa dalam proses belajar serta motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan melibatkan variabel bebas X1 pola asuh orang tua, X2 adalah variabel interaksi teman sebaya, dan X3 adalah variabel interaksi guru dan siswa. Variabel antara (intervening) nya adalah Motivasi belajar (X4) serta Prestasi belajar Bahasa Indonesia sebagai variabel terikat (Y). Desain penelitian ini adalah hubungan X1, X2, dan X3 dengan X4. Hubungan X1, X2, X3 dan X4 dengan Y. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah yang ada di Kabupaten Gorontalo yakni 25 madrasah. Sampel ditentukan dengan teknik sampling bertahap (stage sampling) diperoleh 9 Madrasah Ibtidaiyah dengan jumlah siswa kelas V sebanyak 101 sampel. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur variabel pola asuh orang tua, interaksi teman sebaya, interaksi guru dan siswa dan motivasi belajar. Data dianalisis menggunakan regresi ganda dilanjutkan dengan analisis jalur pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil analisis data penelitian menunjukkan hubungan langsung dan tidak langsung variabel pola asuh orang tua (X1) dengan prestasi belajar (Y) melalui variabel motivasi belajar (X4) sebesar 0,177, dan 0,0458. Hubungan langsung dan tidak langsung interaksi teman sebaya (X2) dengan prestasi belajar (Y) melalui motivasi belajar (X4) sebesar 0,277 dan 0,0717. Hubungan langsung dan tidak langsung interaksi guru dan siswa (X3) dengan prestasi belajar (Y) melalui motivasi belajar (X4) sebesar 0,266 dan 0,0689 Hubungan langsung dan tidak langsung semua variabel bebas dan variabel antara secara bersama-sama dengan prestasi belajar melalui motivasi belajar masing-masing sebesar 0,678 dan 0,1756. Variabel interaksi teman sebaya adalah variabel yang paling berhubungan langsung dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia dibandingkan dari variabel lain yang diteliti dalam penelitian ini yakni sebesar 0,277.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2017 10:07
Last Modified: 29 Jan 2019 12:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48960

Actions (login required)

View Item View Item