Penggunaan Metode Task-Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa pada Pengajaran Expression Ecrite di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta

Kusnawati, Tri (2009) Penggunaan Metode Task-Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa pada Pengajaran Expression Ecrite di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tri-kusnawati-037625008.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNY melalui penggunaan metode task-based learning dalam pengajaran mata kuliah Expression Ecrite IV. Disain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 15 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Keterampilan Menulis (Expression Ecrite) IV dan pengampu mata kuliah tersebut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan bahasa Prancis FBS UNY di kelas Keterampilan Menulis (Expression Ecrite) IV pada semester genap tahun akademik 2004/2005. Teknik pengumpulan data ada tiga jenis, yaitu tes, pengamatan, dan kuesioner. Data tentang penggunaan metode pengajaran task-based learning dalam pembelajaran Expression Ecrite yang diperoleh dari observasi dan kuesioner ditafsirkan secara kualitatif, sedangkan data keterampilan mahasiswa dalam menulis ditafsirkan secara kuantitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis tugas (task based learning) dalam pembelajaran Keterampilan Menulis IV dapat meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Peningkatan tersebut terlihat pada pemahaman dan penguasaan materi mahasiswa yang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa berdasarkan hasil postes, yakni 6,3 pada siklus I dan 7,2 pada siklus II. Selain itu, terjadi pula peningkatan proses pembelajaran Keterampilan Menulis IV yang ditandai dengan berkurangnya kepasifan mahasiswa dan peningkatan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran yang bermakna.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: task-based learning
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 25 Apr 2017 04:04
Last Modified: 25 Apr 2017 04:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48886

Actions (login required)

View Item View Item