PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

Nuranda, Dwi Cahya (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img] Text
TAS_Dwi Cahya Nuranda_10403244041.docx

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017. (2) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017. (3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian ini adalah kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari sebanyak 133 siswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Metode kuesioner untuk mengumpulkan data Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga, sedangkan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa yaitu nilai UTS. Uji coba instrument pada penelitian ini menggunakan uji terpakai yang dilakukan terhadap 34 siswa. Pengujian prasyarat analisis dalam penelitian ini meliputi uji linearitas dan multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017 yang ditunjukkan dengan rx1y 0,32 dan r2x1y 0,10 serta nilai thitung 3,90 > ttabel 1,97. (2) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017 yang ditunjukkan dengan nilai rx2y 0,31 dan r2x2y 0.09, dan nilai thitung 3,80 > ttabel 1,97. (3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017 yang ditunjukkan dengan Ry(1,2) 0,37 dan R2y(1,2) 0,14 dan nilai Fhitung 10,69 > Ftabel 3,07.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 20 Apr 2017 04:21
Last Modified: 30 Jan 2019 13:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48858

Actions (login required)

View Item View Item