Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan TGT (Team Games Tournament) Ditinjau dari Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP di Purwokerto

Kusrini, Endang (2009) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan TGT (Team Games Tournament) Ditinjau dari Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP di Purwokerto. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-endang-kusrini-07706251008.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji apakah ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kooperatif tipe STAD, TGT, dan Konvensional, (2) menguji apakah ada perbedaan yang signifikan dalam hal prestasi belajar bahasa Inggris dilihat dari tingkat kreativitas, (3) menguji apakah ada interaksi pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kooperatif tipe STAD dan TGT, dan Konvensional dan tingkat kreativitas. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment atau eksperimen semu. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan factorial design atau rancangan faktorial 3x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP di Purwokerto. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan bahasa Inggris dan tes kreativitas. Untuk memperoleh validitas tes kemampuan bahasa Inggris dilakukan dengan (1) menyusun tabel spesifikasi sesuai kurikulum, (2) membuat butir soal, (3) melakukan validasi dari segi tampilannya dengan teknik expert judgement, (4) merevisi soal berdasarkan masukan dari para pakar, dan (5) melakukan tes uji coba untuk mengetahui estimasi reliabilitas instrumen, indeks kesulitan tiap butir soal tes dan menghitung daya beda butir soal. Untuk tes kreativitas menggunakan standar yang sudah baku. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Analisis menggunakan analisis of varians (anova), setelah terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Analisis data dengan menggunakan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar bahasa Inggris yang disebabkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD, TGT, dan Konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F= 4,239, p= 0,017. Oleh karena probabilitas < α = 0,05 maka Ho ditolak. Dari uji Scheffe terlihat bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT menghasilkan prestasi belajar Bahasa Inggris yang paling baik dengan rata-rata prestasi 77,05, (2) Ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris yang disebabkan oleh perbedaan tingkat kreativitas. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F= 3,898, p= 0,023. Oleh karena probabilitas < α = 0,05 maka Ho ditolak, dan (3) Terdapat interaksi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Inggris yang disebabkan interaksi antara pembelajaran kooperatif tipe STAD, TGT, dan Konvensional, dan tingkat kreativitas. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F = 4,745, p = 0,001, sehingga probabilitas < α = 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 20 Apr 2017 03:21
Last Modified: 20 Apr 2017 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48857

Actions (login required)

View Item View Item