PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN DASAR ELEKTRONIKA DI SMK HAMONG PUTERA 2 PAKEM

Ahmad, Burhanudin (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN DASAR ELEKTRONIKA DI SMK HAMONG PUTERA 2 PAKEM. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Skripsi_Pengembangan Media Pembelajarann AR pada Mapel Dasar Elektronika di SMK HP 2 Pakem_Ahmad Burhanudin_1~1.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merancang dan mengembangkan media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran dasar elektronika; (2) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran dasar elektronika; (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran dasar elektronika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan perangkat lunak waterfall yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengkodean, dan (4) pengujian. Penelitian ini dilakukan di kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Hamong Putera 2 Pakem. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Selain itu dilakukan pengujian respon pada pengguna yaitu siswa. Teknik analisis data menggunakan instrumen angket serta teknik analisis statistik deskriptif. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Hasil pengembangan media pembelajaran berupa aplikasi Android Augmented Reality untuk mata pelajaran dasar elektronika yang terdiri dari enam komponen utama, yaitu AR Elektronika, SK KD, materi pembelajaran, soal evaluasi, petunjuk, dan informasi; (2) Hasil unjuk kerja dengan pengujian black box testing menunjukkan semua komponen pada aplikasi AR elektronika berfungsi dengan baik; (3) hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor rerata total 65 dari skor maksimal sebesar 80 dengan kategori “layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor rerata total 87 dari skor maksimal sebesar 100 dengan kategori “sangat layak”. Serta rerata skor yang diperoleh dari penilaian pengguna akhir yaitu siswa sebesar 76 dari skor rerata maksimal sebesar 96 dengan kategori “layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Augmented Reality, Dasar Elektronika, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Apr 2017 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 13:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48815

Actions (login required)

View Item View Item