KEBERADAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM RPP BIOLOGI SMA KELAS X BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KOTA YOGYAKARTA

Putriana, Ika Feby (2016) KEBERADAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM RPP BIOLOGI SMA KELAS X BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
halaman depan.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II+KERANGKA PIKIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan keterampilan proses sains (KPS) ditinjau dari aspek materi pembelajaran dan jenis item KPS dalam RPP, serta mengetahui perbedaan jenis dan persentase keberadaan KPS dalam RPP kegiatan lapangan dan RPP kegiatan laboraturium biologi SMA Kelas X di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi (content analysis) dengan cara meneliti dokumen RPP guru tanpa melihat proses pelaksanaannya di kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh RPP Biologi SMA Kelas X dari sekolah SMA di Kota Yogyakarta yang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling yaitu RPP dengan kegiatan lapangan dan kegiatan laboraturium. Jumlah sampel adalah sebanyak 20 RPP, meliputi 10 RPP kegiatan lapangan dan 10 RPP kegiatan laboraturium. Instrumen telah divalidasi muka oleh Dosen Pembimbing (Expert Judgement). Pengambilan data diperoleh dari instrumen penelitian yaitu berupa lembar observasi isi RPP, melalui tiga orang panelis yang telah memenuhi syarat. Kehandalan data ketiga panelis dihitung menggunakan rumus Kanonik Krippendorf. Analisis data menggunakan pedoman penskoran dan statistika deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa KPS telah dikembangkan pada berbagai materi pembelajaran dalam RPP dengan persentase keberadaan yang relatif sama yaitu RPP Fungi (75,00%); RPP Ruang lingkup biologi dan RPP Protista(70,83%) serta RPP Plantae(66,67%). Jenis item KPS yang memiliki persentase keberadaan paling tinggi adalah item keterampilan mengomunikasikan, sedangkan yang terendah adalah item keterampilan mengorganisasi dan menganalisis data. Tidak terdapat perbedaan pada jenis item keterampilan proses sains yang ada dalam RPP kegiatan lapangan dan RPP kegiatan laboraturium. Perbedaan hanya nampak dalam hal persentase keberadaan keterampilan proses sainsnya, namun perbedaan persentase tersebut dikatakan tidak signifikan karena nilai persentase yang relatif sama yaitu RPP kegiatan laboraturium (72,92%) dan RPP kegiatan lapangan (68,75%). Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains (KPS), RPP, Kegiatan lapangan, Kegiatan laboraturium

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 20 Apr 2017 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 13:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48807

Actions (login required)

View Item View Item