Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dalam Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Pembentukan Warga Negara yang Baik pada Siswa SD

Arihi, La Ode Safihun (2008) Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dalam Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Pembentukan Warga Negara yang Baik pada Siswa SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-la-ode-safihun-arihi-06712251006.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan antara rata-rata skor pre-test dan post-test pada siswa yang belajar dengan model kooperatif, (2) perbedaan antara rata-rata skor pre-test dan post-test pada siswa yang belajar dengan model konvensional, (3) perbedaan antara rata-rata gain score siswa yang belajar dengan model kooperatif dan yang kovensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sasaran siswa kelas lima SD Negeri Jetis dan SD Negeri Petinggen, dengan teknik sampling sederhana terpilih SD Negeri Jetis sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri Petinggen sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi pembelajaran dengan model kooperatif sedangkan kelompok kontrol diberi pembelajaran dengan model konvensional. Data dikumpulkan dengan tes (pretest dan posttest) untuk mengukur sikap warga negara yang baik. Instrumen yang digunakan adalah tes skala sikap dengan empat opsi hasil modifikasi dari skala Likert. Validitas instrumen dihitung dengan menggunakan analisis faktor eksploratori untuk menghitung koefisien korelasi antara skor butir dan skor total. Reliabilitas instrumen dihitung dengan Alfha Cronbach. Analisis data menggunakan t-test untuk membandingkan rata-rata selisih skor pretes dan postesantara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa perbedaan hasil pretest dan postest di SD Negeri Petinggen tidak signifikan dengan nilai t = 1,161, p = 0,255 pada = 0,05. Di SD Negeri Jetis perbedaan skor pretest dan posttest signifikan dengan nilai t = 3,167, p = 0,003 pada = 0,05, sedangkan perbedaan rata-rata peningkatan skor pretest ke posttest antara SD Negeri Jetis dan SD Negeri Petinggen signifikan dengan nilai t = 2,356, p = 0,000 pada = 0,05. Dengan demikian, berarti pembelajaran kooperatif pada Mata Pelajaran IPS efektif untuk meningkatkan pembentukan warga negara yang baik pada siswa SD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, pelajaran IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 18 Apr 2017 02:20
Last Modified: 18 Apr 2017 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48787

Actions (login required)

View Item View Item