Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran IPS di Kelas V Sekolah Dasar

Suroso, Suroso (2008) Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran IPS di Kelas V Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suroso-06712251017.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan peta konsep pada pembelajaran IPS dalam meningkatan hasil belajar siswa. Tujuan tersebut dijabarkan ke dalam beberapa tujuan yaitu 1). mengungkap perbedaan rerata peningkatan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan menggunakan peta konsep dan yang tidak menggunakan peta konsep dan 2). menguji perbedaan rerata peningkatan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan menggunakan peta konsep dan yang tidak menggunakan peta konsep pada siswa yang memiliki prestasi akademik tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi ekperimen model faktorial 2 x 3. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa penggunaan peta konsep, variabel atribut berupa prestasi akademik dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Kristen 2 Laboratorium FKIP Universitas Kristen Satya Wacana. Penelitian dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2007-2008. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, dokumentasi, dan angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dalam dua tahap yaitu 1) uji normalitas dan homogenitas dan 2) bila data terbukti terdistribusi normal dan homogen dilakukan analisis lanjut dengan analisis varian menggunakan Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan peta konsep dalam pembelajaran IPS terbukti berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Secara parsial terbukti bahwa 1) terdapat perbedaan rerata peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan peta konsep dan siswa yang mengikuti pembelajaran IPS tanpa peta konsep. Penggunaan peta konsep dalam pembelajaran IPS terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0.69 standar deviasi dibanding dengan siswa yang mengikuti pembelajaran IPS tanpa peta konsep dan 2) terbukti terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan peta konsep dan siswa yang mengikuti pembelajaran IPS tanpa peta konsep pada berbagai tingkatan prestasi akademik. Peningkatan hasil belajar pada siswa berprestasi akademik tinggi terjadi sebesar 2.56 standar deviasi, pada kelompok siswa berprestasi akademik sedang sebesar 0.6 standar deviasi lebih tinggi dibanding kelompok kontrol, sedang pada kelompok siswa berprestasi akademik rendah sebesar 0.8 lebih rendah dibanding kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPS, pendidikan dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 18 Apr 2017 01:27
Last Modified: 18 Apr 2017 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48782

Actions (login required)

View Item View Item