LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Ida Sulastri, Ida Sulastri (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ida Sulastri_FBS_Pendidikan Bahasa Jawa_13205241028.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikkan teori-teori yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMA Negeri 1 Kasihan yang beralamat di Jalan Bugisan Selatan Yogyakarta. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA Negeri 1 Kasihan, praktikan mengajarkan materi aksara Jawa dan cerita pengalaman kelas X MIPA 3, X MIPA 5, dan X IIS 2 semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktik mengajar di lapangan, praktikan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMA Negeri 1 Kasihan yang dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016 ini antara lain, mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Kasihan, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas X MIPA 3, X MIPA 5, dan X IIS 2. Mahasiswa melakukan kegiatan pembelajaran di dalam kelas selama 8 kali yang bersifat wajib. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, pembelajaran, SMA Negeri 1 Kasihan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Apr 2017 00:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48726

Actions (login required)

View Item View Item