Evaluasi Program Adiwiyata dalam Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SD se-Kota Yogyakarta

Putri, Retno Setya (2017) Evaluasi Program Adiwiyata dalam Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SD se-Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-retno-setya-putri-14701251020.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kebermanfaatan program Adiwiyata yang diselenggarakan di SD se-Kota Yogyakarta, (2) persiapan yang dilakukan oleh sekolah dalam menyelenggarakan program Adiwiyata, (3) pelaksanaan program Adiwiyata dalam mewujudkan pendidikan lingkungan hidup di SD se-Kota Yogyakarta, dan (4) dampak program Adiwiyata pada perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah dan guru pada ketiga sekolah yaitu SDN Ungaran 1, SDN Tegalrejo 1, dan SD Tarakanita Bumijo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi dan kajian dokumen. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi data dengan membandingkan data yang diperoleh dari sumber penelitian. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program Adiwiyata yang dilaksanakan di SDN Ungaran 1, SDN Tegalrejo 1, dan SD Tarakanita Bumijo memiliki peranan yang baik dan tepat, untuk menjembatani sekolah dalam memberikan pendidikan berbasis lingkungan hidup kepada warga sekolah secara utuh. (2) Persiapan pelaksanaaan program Adiwiyata pada ketiga sekolah telah dilaksanakan dengan baik, ditunjukkan dengan pelaksanaan semua indikator komponen input. Namun, Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang memuat kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, tidak dijelaskan persentase alokasi anggaran yang disediakan. (3) Secara umum ketiga sekolah telah melaksanakan program dengan baik. Adapun, kekurangan yang masih ada, antara lain: keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam program pembelajaran di sekolah masih sangat minim, komunikasi hasil-hasil inovasi pembelajaran masih belum maksimal, kegiatan aksi lingkungan yang diikuti ketiga sekolah masih berkutat di sekitar sekolah saja. Ketiga sekolah belum cukup memberikan kontribusi untuk warga masyarakat sekitar tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Konsistensi sekolah dalam mengurangi sampah plastik juga perlu diperhatikan. (4) Pelaksanaan program Adiwiyata untuk guru dan siswa setidaknya berdampak pada akses pengetahuan tentang lingkungan yang komprehensif dan tingkah laku yang lebih peka lingkungan. Dampak terhadap sekolah kurang lebih adalah adanya prestasi-prestasi berkaitan dengan lingkungan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, pendidikan lingkungan hidup
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2017 08:04
Last Modified: 29 Jan 2019 12:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48710

Actions (login required)

View Item View Item