Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Subtema Bumi Bagian Dari Alam Semesta untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Condongcatur

Samekta, Restu Galih Agung (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Subtema Bumi Bagian Dari Alam Semesta untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Condongcatur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-restu-galih-agung-samekta-14712251022.swf

Download (3MB)
[img] Text
produk-restu-galih-agung-samekta-14712251022.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik subtema bumi bagian dari alam semesta yang layak menurut ahli pembelajaran dan ahli materi, dan (2) Mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik subtema bumi bagian dari alam semesta untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar kognitif siswa kelas III SD Muhammadiyah Condongcatur. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan mengacu pendapat Borg & Gall yang terdiri atas 10 (sepuluh) tahapan yang meliputi (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba awal, (5) merevisi hasil uji coba. (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, (8) uji coba lapanangan operasional, (9) penyempurnaan produk akhir dan (10) diseminasi. Subjek uji coba adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Condongcatur. Subjek uji coba awal terdiri atas 6 siswa. Subjek uji coba lapangan terdiri atas 12 siswa yang belum terlibat dalam uji coba awal, dan subjek uji lapangan operasional terdiri atas 3 kelas dari kelas IIIA dan kelas III C digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas III D digunakan sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran yang meliputi: Silabus, RPP, dan LKS. Hasil penilaian perangkat pembelajaran dinyatakan layak digunakan menurut ahli pembelajaran dan ahli materi dengan kategori penilaian sangat baik, respon guru dan respon siswa terhadap penggunaan perangkat pembelajaran berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini didasarkan pada hasil uji pelaksanaan lapangan yang menunjukkan p<0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru berdasarkan buku pemerintah dan menggunakan perangkat pembelajaran hasil pengembangan menggunakan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2017 07:00
Last Modified: 29 Jan 2019 12:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48706

Actions (login required)

View Item View Item