PENGARUH KERJA PART-TIME TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Mardelina, Elma (2017) PENGARUH KERJA PART-TIME TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kerja part-time terhadap aktivitas belajar dan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. (2) Pengaruh kerja part-time terhadap aktivitas belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. (3) Pengaruh kerja part-time terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kerja part-time. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar dan prestasi akademik. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa kependidikan dan non-kependidikan jenjang strata 1 (S1) angkatan 2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 512 orang. Sampel penelitian adalah seluruh populasi yakni mahasiswa angkatan 2013 Fakultas Ekonomi dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah propotional random sampling sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 205 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis MANOVA (Multivariate Analysis Of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5%: (1) Ada pengaruh yang signifikan kerja part-time terhadap aktivitas belajar dan prestasi akademik ditunjukkan dengan nilai dari uji multivariat Hotteling’s Trace sebesar 11,884 dengan nilai signifikansi 0,00. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kerja part-time terhadap aktivitas belajar ditunjukkan oleh nilai Ftest sebesar 11,064 dengan signifikansi 0,01. (3) Ada pengaruh yang signifikan kerja part-time terhadap prestasi akademik dilihat pada nilai Ftest sebesar 16,316 dengan signifikansi 0,00. Kata Kunci : Prestasi Akademik, Aktivitas Belajar, Kerja part-time.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 13 Apr 2017 03:41
Last Modified: 30 Jan 2019 13:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48669

Actions (login required)

View Item View Item