LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Eny Widyawati, Eny Widyawati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13413241075_ENY WIDYAWATI_PENDIDIKAN SOSIOLOGI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki misi yaitu menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan secara professional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2016 adalah SMA Negeri 1 Srandakan Bantul yang beralamat di Jalan Pandansimo Km 1 Trimurti Srandakan Bantul. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan PPL tahun ini meliputi: observasi, pembuatan perangkat pembelajaran, kegiatan belajar mengajar hingga evaluasi pembelajaran. Seluruh kegiatan tersebut dikoordinasikan dan dikonsultasikan dengan guru pembimbing di sekolah dan dosen pembimbing lapangan. Penulis berkesempatan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di tiga kelas yaitu di kelas X.1, X.2, dan X.3. Kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disesuaikan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada KTSP. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi kelompok, dan make a match. Media yang digunakan berupa kotak diskusi sosiologi dan film terkait sosiologi. Pada kegiatan belajar mengajar, penulis tampil sebanyak 6 kali tatap muka (mengisi materi) ditambah dengan 1 kali ulangan harian (setiap kelas 1 kali ulangan harian). Alokasi waktu setiap pertemuan adalah 2 jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata kondisi di sekolah yang sebenarnya, baik pengalaman akademis maupun pengalaman mengenai kegiatan yang terjadi di sekolah. Pengalaman akademis berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evaluasi pembelajaran. Selain itu, mahasiswa mendapatkan pengalaman terkait dengan kondisi sosial yang ada di sekolah dan seputar permasalahan yang dihadapai di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMA Negeri 1 Srandakan Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48609

Actions (login required)

View Item View Item