HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN TEKSTIL KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 4 SURAKARTA

Anisa Titiyan, Dwi Jayanti (2017) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN TEKSTIL KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 4 SURAKARTA. S1 thesis, Fakulktas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 2017 PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) penggunaan media PowerPoint dalam mata pelajaran Tekstil Kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Surakarta, (2) hasil belajar siswa pada dalam pelajaran Tekstil Kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Surakarta, (3) hubungan penggunaan media pembelajaran PowerPoint dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Tekstil Kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Tata Busana di SMK N 4 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 130 peserta didik dengan jumlah sampel sebanyak 98 yang diambil secara random sampling dan ukuran sampel menggunakan rumus Taro Yamane dan Slovin. Variabel yang diteliti meliputi penggunaan media PowerPoint sebagai variabel independent dan hasil belajar sebagai variabel dependent. Metode pengambilan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi product moment dengan bantuan program SPSS 15.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan media PowerPoint siswa kelas X Tata Busana SMK N 4 Surakarta termasuk dalam kategori sangat tinggi terbukti 62 Siswa (63%) menjawab sangat setuju dan 36 siswa (37%) menjawab setuju. (2) pencapaian hasil belajar mata pelajaran Tekstil siswa kelas X Tata Busana di SMK N 4 Surakarta termasuk dalam kategori kompeten 89,7 %, termasuk dalam kategori belum kompeten 10,3 % (3) ada hubungan positif antara penggunaan media PowerPoint (x) dengan hasil belajar (y) siswa kelas X Tata Busana di SMK N Surakarta, pada taraf signifikansi 5% diperoleh r hitung (0,304) > r tabel (0,193) sehingga koefisien korelasi X terhadap Y adalah significant. Kata Kunci : Hubungan PowerPoint dengan hasil belajar, Tekstil

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Apr 2017 01:50
Last Modified: 30 Jan 2019 13:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48598

Actions (login required)

View Item View Item