Penghitungan Biaya Satuan (Unit Cost) Pendidikan Dengan Model Activity Based Costing (ABC) Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Sri, Sumardiningsih and Dr. Moch, Alip, MA. and Aula Ahmad Hafidh, Saiful Fikri, M. Si. (2016) Penghitungan Biaya Satuan (Unit Cost) Pendidikan Dengan Model Activity Based Costing (ABC) Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Artikel Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi.

[img]
Preview
Text
UPT.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Menemukan model penghitungan unit cost pendidikan di SMK dengan activity based costing 2) Menghasilkan perangkat penerapan model penghitungan unit cost pendidikan di SMK dengan activity based costing. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah dihasilkannya besaran biaya satuan sesuai standar untuk mendukung tercapainya kualitas pendidikan di SMK. Penghitungan biaya satuan (unit cost) di SMK dilakukan dengan model activity based costing (ABC). ABC membantu mengurangi distorsi yang disebabkan oleh alokasi biaya tradisional. ABC menyajikan pengukuran yang lebih akurat tentang biaya yang dipicu oleh adanya aktivitas, hal ini dapat membantu manajemen untuk meningkatkan ‘product value’ dan process value. Penelitian termasuk R&D menggunakan four-d model Thiaragajan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, dokumentasi, FGD. Sampel responden adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara sekolah, bendahara Dinas Pendidikan. Sampel Sekolah 9 SMKN di DIY. Penelitian ini berhasil mengembangkan dua model penghitungan unit cost dengan activity based costing (ABC) serta menghasilkan perangkat penerapan modelnya yaitu Template untuk menghitung unit cost di masingmasing Paket Keahlian di SMKN. Hasil penilaian dari pakar menunjukkan skor rata-rata aspek penilaian dua model dalam kategori sangat baik/layak untuk diterapkan di tahun ke dua, dianalisis dan ditetapkan salah satu model yang fisibel untuk diterapkan dalam skala luas di SMKN Daerah Istimewa Yogyakarta. Di tahun ketiga direncanakan akan dilanjutkan dengan pengembangan satu program aplikasi yang akan lebih mempermudah penerapan model penghitungan unit cost di SMK pada umumnya.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2016
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:13
Last Modified: 06 Apr 2017 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48529

Actions (login required)

View Item View Item