EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI TERHADAP PENINGKATAN SOFT SKILLS BERFIKIR TINGKAT TINGGI BAGI MAHASISWA VOKASI KEAHLIAN PATISERI

Siti, Hamidah and Sri, Palupi, M.Pd and Yuriani, M.Pd. (2016) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI TERHADAP PENINGKATAN SOFT SKILLS BERFIKIR TINGKAT TINGGI BAGI MAHASISWA VOKASI KEAHLIAN PATISERI. Artikel Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi.

[img]
Preview
Text
UPT.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa yang sukses di masa depan adalah mahasiswa yang menguasai soft skills berfikir tingkat tinggi secara berkelanjutan. Untuk dapat menumbuhkan kembangkan kemampuan tersebut diperlukan suatu model yang secara efektif dapat memberi kontribusi secara signfikan bagi tumbuhnya soft skills berfikir tingkat tinggi yang sangat penting untuk mendukung kesuksesan dalam bekerja. Penelitian dimaksudkan untuk mengembangkan model Problem Based Learning (PBL) terintegrasi yang efektif untuk meningkatkan soft skills berfikir tingkat tinggi bagi mahasiswa Vokasi yang diujikan pada pembelajaran Patiseri. Tahun pertama telah berhasil menemukan model awal PBL terintegrasi, sintak pembelajaran dan perangkat pembelajaran berupa: RPS, buku panduan dasar-dasar PBL terintegrasi, panduan dosen dan mahasiswa, panduan assessment dan angket soft skills berfikir tingkat tinggi. Tujuan tahun ke dua yang ingin dicapai 1).menguji model hipotetik pada pembelajaran patiseri untuk masing-masing soft skills berfikir tingkat tinggi: berfikir kritis dan pemecahan masalah, kreatifitas dan inovasi, kemampuan untuk terus belajar, usaha keras untuk mencapai sukses, strategi berfikir. 2) luaran yang dihasilkan adalah journal nasional terakreditasi dan seminar nasional. Peneltian ini menggunakan metode research and development (R&D) bidang pendidikan menurut Borg and Gall, dengan modifikasi menurut Sukmadinata dengan 3 langkah: 1) Studi pendahuluan, 2) Pengembangan model, 3) Pengujian model. Pada tahun pertama telah ditemukan permasalahan pembelajaran patiseri, analisis kirikulum patiseri (4 MK patiseri), yang menjadi dasar pengembangan model dan perangkat pembelajaran. Pada tahun kedua, kegiatan penelitian memasuki tahap implementasi model pada kelas patiseri dengan pola eksperimen. Data efektifitas model selama implementasi diambil menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Data dianalisis secara diskriptif kuantitatif, anova, dan kualitatif. Hasil penelitian 1) telah ditemukan model PBL terintegrasi yang terbukti efektif untuk meningkatkan Soft skills berfikir tingkat tinggi (SBT), 2) efektifitas model ditunjukkan oleh perolehan gain antara post test dan pre test strategi berfikir (0,89), kreatifitas dan inovasi (0.86), usaha keras mencapai sukses (0,85), berfikir kritis dan pemecahan masalah (0,79), dan paling rendah adalah kemauan belajar sepanjang waktu (0,73). 3) uji anova menunjukkan hasil yang signifikan, dimana nilai signifikasni < 0,05. Luaran penelitian 1) proseding seminar international Published by Atlanties Press, 2) Jurnal kependidikan terakreditasi nasional LPPM – UNY 2) seminar nasional LPPM UNY.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2016
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Soft skills tingkat tinggi, Terintegrasi
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:06
Last Modified: 06 Apr 2017 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48525

Actions (login required)

View Item View Item