Evaluasi Program Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pengembangan Profesi Guru SMA Negeri di Kota Yogyakarta

Sari, Maya Eka (2017) Evaluasi Program Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pengembangan Profesi Guru SMA Negeri di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maya-eka-sari-14703251005.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program penulisan karya tulis ilmiah pengembangan profesi guru dalam hal: (1) pengelolaan program penulisan karya tulis ilmiah pengembangan profesi guru, (2) pencapaian tujuan penyelenggaraan program penulisan karya tulis ilmiah pengembangan profesi guru, dan (3) manfaat program penulisan karya tulis ilmiah pengembangan profesi guru. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model evaluasi goal attainment. Penilaian didasarkan untuk menggambarkan sejauh mana tujuan program telah dicapai. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru sepuluh SMA negeri di Kota Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil dari keseluruhan populasi dengan teknik purposive sampling, yang dipilih khusus berdasarkan tujuan penelitiannya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang diberikan secara langsung kepada responden. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, yaitu dengan cara melakukan perhitungan secara kuantitatif pada masing-masing komponen penelitian. Data masing-masing komponen ditabulasikan dan dihitung skor totalnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi program penulisan karya tulis ilmiah pengembangan profesi guru menghasilkan: (1) tingkat pencapaian pengelolaan program penulisan karya tulis ilmiah pengembangan profesi guru sebesar 58,9%, yaitu termasuk dalam kategori cukup dan perlu ditingkatkan; (2) tingkat pencapaian tujuan penyelenggaraan program penulisan karya tulis ilmiah pengembangan profesi guru termasuk kategori baik sebesar 72,1%, yang menunjukkan bahwa tujuan penyelenggaraan program telah sesuai; (3) tingkat pencapaian manfaat program penulisan karya tulis ilmiah pengembangan profesi guru sebesar 82,2%, yang menunjukan bahwa manfaat dari penulisan karya tulis ilmiah pengembangan profesi guru meningkatkan kompetensi dan kemampuan yang tinggi dalam pelaksanaan tugas keprofesian, meningkatkan motivasi guru, dan mutu guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, karya tulis ilmiah, pengembangan profesi guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:48
Last Modified: 29 Jan 2019 12:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48487

Actions (login required)

View Item View Item