LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Sofia Putri Sari Dewi, Sofia Putri Sari Dewi (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
13518241003 Sofia PSD_Laporan PPL.docx

Download (1MB)
[img] Text
jobshet.docx

Download (111kB)
[img] Text
PPL Catatan Harian.docx

Download (84kB)
[img] Text
RPP.docx

Download (30kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pembelajaran bagi mahasiswa dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan ini memiliki bobot sebanyak tiga SKS lapangan. Pada tahun 2016, mahasiswa diwajibkan menempuh minimal 256 jam. Sebelum pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa diwajibkan menempuh dan lulus danalam mata kuliah prasyarat yaitu micro teaching. Praktik Pengalaman Lapangan ini tentunya melibatkan instansi lain yang menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini praktikan berkesempatan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan di SMK Ma’arif 1 Piyungan. Kegiatan PPL dilaksanakan pada 15 Juli hingga 15 September 2015. Rencana kegiatan PPL adalah 16.5jam observasi dan konsultasi, 27 jam persiapan mengajar, 31 jam kegiatan praktik mengajar di kelas dan evaluasi, serta 182.5 jam untuk pengerjaan laporan dan kegiatan lainnya dengan total perencanaan sebanyak 257 jam. Persiapan mengajar meliputi penyusunan administrasi mengajar yang terdiri dari seilabus, Rencana Pelaksnaan Pembelajaran (RPP), dan bahan ajar. Sedangkan praktik mengajar dilaksanakan secara mandiri maupun terbimbing di kelas X TAV, X TITL dan XII TITL. Kegiatan pembelajaran untuk kelas X TAV direncakan sebanyak enam kali, X TITL delapan kali, dan XII sebanyak dua kali tatap muka. Hasil kegiatan PPL yang terlaksana yakni 18 jam untuk observasi dan konsultasi, 27 jam persiapan mengajar, 31 jam kegiatan praktik mengajar dan 190.5 kegiatan insidental dan lainnya. Total dari seluruh kegiatan tersebut sebanyak 266.5 jam yang berarti total jam perencanaan terpenuhi. Hasil persiapan mengajar adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, materi pembelajaran dan jobsheet praktikum PLC. Total kegiaran mengajar di kelas sebanyak 31jam pada tiga kelas yang diampu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Ma’arif 1 Piyungan, Gambar teknik dan K3 TAV
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Apr 2017 00:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48480

Actions (login required)

View Item View Item