LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

GUSTAN ANGGARA, GUSTAN ANGGARA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13501241029_GUSTAN ANGGARA_SMK COKROAMINOTO PANDAK BANTUL.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah lapangan yang bersifat intrakulikuler. Oleh karena pelaksanaan PPL yang langsung berinteraksi dengan peserta didik, maka dibutuhkan persiapan yang matang. Maka dari itu, pihak Universitas Negeri Yogyakarta memberi pembekalan khusus tentang pelaksanaan PPL dalam menyiapkan tenaga pendidik. Pengetahuan dan keterampilan diberikan untuk mahasiswa sebagai bekal dalam menghadapi dunia kerja di bidang pendidikan secara khusus dan dunia kerja secara umum. Sekolah Menengah Kejuruan Cokroaminoto Pandak melaksanakan PBM di dua lokasi yaitu Kampus Unit I dengan alamat Gesikan, Wijirejo, Pandak dan Kampus Unit II dengan alamat Kauman, Wijirejo, Pandak. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai 15 September2016. Dalam kegiatan PPL ini, mahasiswa melakukan kegiatan mengajar yang terbimbing. Metode yang digunakan dalam mengajar beragam, seperti metode diskusi, tanya jawab, dan ceramah. penulis telah menyelesaikan tugas mengajar sebanyak 7 kali selama kegiatan PPL berlangsung. Mengampu mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik dengan tatap muka 1 kali seminggu dan setiap minggunya penulis mengajar 2 jam pelajaran. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti pengelolaan kelas yang terkadang sulit untuk dikondisikan. Namun, semua itu merupakan sebuah proses untuk menuju yang lebih baik lagi. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, penulis telah melaksanakan pembuatan rencana pembelajaran sebanyak 19 RPP, melakukan kegiatan praktik mengajar sebanyak 7 kali pertemuan, pemasangan panel pada lab baru, dan melakukan 3 kali evaluasi belajar untuk mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik di kelas X TITL. Dalam pelaksanaan praktik mengajar metode yang digunakan yaitu menggunakan metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan penugasan kelompok dan individu. Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini, penulis mendapatkan banyak bekal seperti pengalaman serta gambaran nyata tentang kegiatan pembelajaran, serta nilai-nilai seperti kerja keras, kerjasama, tanggung jawab, dan disiplin. Selain itu, dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dan memiliki keterampilan mengajar. Adapun saran pelaksanaan PPL periode yang akan datang ada baiknya jika antara pihak sekolah dan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama agar dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, , SMK Cokroaminoto UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Apr 2017 00:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48477

Actions (login required)

View Item View Item