ANALISIS PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KERAJINAN TANGAN BERBAHAN BAKU LIMBAH DI SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN

Riftisia, Shinta Nur (2017) ANALISIS PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KERAJINAN TANGAN BERBAHAN BAKU LIMBAH DI SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SHINTA NUR RIFTISIA_12207241010.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ekstrakurikuler kerajinan tangan berbahan limbah di SMP Negeri 5 Banguntapan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data penelitian dilalui dengan tiga cara yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru ekstrakurikuler kerajinan tangan, siswa peserta ekstrakurikuler, dan dokumen administrasi pembelajaran, dokumen profil sekolah, dan dokumen observasi pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Analisis data pada penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan atau persiapan pembelajaran ekstrakurikuler kerajinan tangan berbahan limbah menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang kemudian dirancang Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler kerajinan limbah dilaksanakan sesuai dengan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dirancang guru ekstrakurikuler. Dalam pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler menggunakan beberapa metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan. (3) Evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler dengan tes tertulis dan tes unjuk kerja. Dengan melakukan tes tersebut dapat diketahui kemampuan peserta didik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil penilaian pembelajaran ekstrakurikuler kerajinan tangan berbahan limbah, dapat disimpulkan bahwa peserta didik mampu memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan sekolah. Kata kunci : Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Limbah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 03 Apr 2017 04:11
Last Modified: 30 Jan 2019 13:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48456

Actions (login required)

View Item View Item