LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Atik Widiastuti, Atik Widiastuti (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ATIK WIDIASTUTI (13804241005).pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMA NEGERI 1 SEDAYU sejak 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Sekolah yang menjadi tujuan PPL beralamat di Jalan Kemusuk Km 1, Argomulyo, Sedayu, Bantul. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu tugas perkulihan yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta dimana para mahasiswa yang telah menyelesaikan perkulihan sampai semester 6 diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan PPL di sekolah yang telah disediakan, syarat lain untuk mengikuti kegiatan PPL adalah mahasiswa yang diijinkan mengikuti kegiatan tersebut harus sudah lulus dalam mata kuliah micro teaching dimana perkuliahan tersebut adalah perkulian yang mengajarkan serta membimbing mahasiswa untuk menjadi guru yang baik, baik dalam cara mengajar maupun cara menyikapi siswa. PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswaagar bisa melakukan praktik mengajar secara langsung dan dapat memperoleh pengalaman serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi langsung di dunia sekolah, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Kegiatan PPL merupakan sarana dimana mahasiswa dapat menerapkan secara langsung, hal ini akan memberikan pengalaman yang lebih kepada peserta PPL dan memperluas wawasan dalam proses belajar-mengajar. Dimana hal ini akan sangat bermanfaat disaat peserta didik itu menjadi tenaga pendidik. Kegiatan PPL menerapkan kegiatan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengelolaan sekolah sehingga dapat melatih komperensi dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dibangku perkulihan. Dengan praktik dilapangan maka mahasiswa dapat mengetahui seluk-beluk permasalahan yang ada disekolah yang terkait dengan pengelolaan sekolah. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi rencana pelaksanaan pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan dikelas XI MIPA 4-5 dan XI IPS 1-4 secara umum berjalan lancar, metode yang dilakukannya pun bervariasi, mulai dari metode ceramah, permainan, diskusi kelompok, dan pembelajaran berbasis masalah. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMA Negeri 1 Sedayu ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang pendidikan ekonomi yang diperoleh dibangku perkuliahan. Dari pengalaman ini mahasiswa mempunyai saran agar kerjasama dan koordinasi antar pihak sekolah universitas dan mahasiswa dapat terus terjalin dengan baik dan lebih ditingkatkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: hasil, PPL, program,SMA Negeri 1 Sedayu
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Mar 2017 09:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48420

Actions (login required)

View Item View Item