Tindak Tutur Direktif dalam Buku Ajar Bahasa Prancis Écho 1 dan Sumbangannya dalam Pembelajaran Bahasa Prancis

Rahmawati, Desi (2016) Tindak Tutur Direktif dalam Buku Ajar Bahasa Prancis Écho 1 dan Sumbangannya dalam Pembelajaran Bahasa Prancis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-desi-rahmawati-14706251038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) bentuk dan jenis tindak tutur direktif yang terdapat dalam buku ajar bahasa Prancis Écho 1, dan 2) mendeskripsikan sumbangan hasil kajian tindak tutur direktif yang terdapat dalam buku ajar bahasa Prancis Écho 1 terhadap pembelajaran bahasa Prancis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa tuturan yang terdapat dalam dialog di buku ajar bahasa Prancis Écho 1 yang mengandung bentuk dan jenis tindak tutur direktif. Sumber data penelitian adalah buku ajar bahasa Prancis Écho 1. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik dasar teknik sadap dengan menyadap penggunaan dialog-dialog di dalam buku ajar bahasa Prancis Écho 1. Kemudian dilanjutkan dengan teknik SBLC (Simak Bebas Libat Cakap) dan teknik catat. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Validitas yang digunakan adalah validitas semantis. Reliabilitas data diperoleh dengan intrarater dan expert judgment. Data bentuk tindak tutur direktif dianalisis menggunakan metode agih. Untuk menganalisis jenis tindak tutur direktif digunakan metode padan pragmatis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bentuk tindak tutur direktif yang terdapat dalam buku ajar bahasa Prancis Écho 1 yakni bentuk tindak tutur direktif langsung dan tindak tutur direktif tidak langsung, 2) jenis tindak tutur direktif yang terdapat dalam buku ajar bahasa Prancis Écho 1 antara lain requestive, question, requirement, prohibitive, permissive, dan advisory, 3) sumbangan hasil kajian tindak tutur direktif yang terdapat dalam buku ajar bahasa Prancis Écho 1 terhadap pembelajaran bahasa yakni penggunaan strategi pembelajaran model 6R yang terdiri dari researching, reflecting, receiving, reasoning, rehearsing, dan revising.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tutur direktif, bahasa Prancis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:07
Last Modified: 09 Nov 2022 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48419

Actions (login required)

View Item View Item