PENGGGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN

Dr. MUH. NUR, WANGID, M. Si and Ali, Muhtadi (2016) PENGGGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN. Artikel Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi.

[img]
Preview
Text
UPT.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan karakter peduli lingkungan siswa antara kelas yang diajar dengan menggunakan problem based leaning dan kelas yang tidak menggunakan problem based leaning dan (2) pengaruh penerapan problem based learning terhadap Karakter peduli lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Sawahan Bantul, SD Semanu 3 Gunungkidul, dan SD Kemirirejo Magelang. Pada kelas eksperimen, dilaksanakan dengan model problem based learning, sedangkan pada kelas kontrol dengan pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru. Instrumen yang digunakan adalah (1) observasi karakter peduli lingkungan(2) skala penilaian untuk perangkat yang digunakan. Analisis data menggunakan (1) statistik deskriptif untuk mendeskripsikan data karakter peduli lingkungan, dan (2) statistik inferensial dengan menggunakan uji t sampel berbasangan untuk menguji hipotesis penelitian dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)terdapat karakter peduli lingkungan siswa yang signifikan antara kelas yang diajar dengan menggunakan problem based leaning dan kelas yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa, dengan nilai sig. 0,000; (3) penerapan problem based learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap karakter peduli lingkungan, dengan nilai sig 0,000.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2016
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, , karakter peduli lingkungan,
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 30 Mar 2017 04:37
Last Modified: 30 Mar 2017 04:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48412

Actions (login required)

View Item View Item