Pengembangan E-learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Pemahaman Lagu pada Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Kelas X SMK Negeri 4 Yogyakarta

Irawan, Randy (2016) Pengembangan E-learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Pemahaman Lagu pada Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Kelas X SMK Negeri 4 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-randy-irawan-14707251023.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk e-learning berbasis Moodle (2) mengetahui kelayakan produk e-learning, (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan produk e-learning. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model Alessi dan Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dan desain dilakukan ongoing evaluation hingga menjadi produk awal. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi (tes alfa) kemudian dilakukan revisi produk awal. Pada tahap berikutnya dilakukan tes beta yang dilakukan oleh enam sample siswa sebagai calon pengguna. Setelah tes beta dilanjutkan dengan tes sumatif terhadap siswa sebagai pengguna. Siswa peserta tes beta dan tes sumatif sebanyak 31 siswa yang berasal dari kelas X UPW 2 sebagai sampel dari seluruh kelas X di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Produk e-learning dikembangkan dengan sebuah sistem manajemen pembelajaran (LMS) online yang dibuat dengan software aplikasi Moodle versi 3.1. Produk e-learning berbasis Moodle ini dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan listening. (2) Produk e-learning berbasis Moodle telah memenuhi kriteria dan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, dan siswa. Kelayakannya mencapai rerata skor 4,04 dengan kategori baik. (3) Hasil belajar siswa kelas X UPW 2 SMK Negeri 4 Yogyakarta mengalami peningkatan setelah menggunakan e-learning. Keefektifan pembelajaran bahasa Inggris pada kompetensi listening dengan menggunakan produk e-learning dibuktikan melalui peningkatan hasil belajar yang diketahui dari persentase hasil evaluasi pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-learning, bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2017 03:22
Last Modified: 29 Jan 2019 12:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48402

Actions (login required)

View Item View Item