PENGEMBANGAN MODEL WISATA BELAJAR DI KEBUN BINATANG GEMBIRALOKA YOGYAKARTA SEBAGAI LABORATORIUM LUAR KAMPUS

Sujarwo, M.Pd. and Ibnu Syamsi, Dr. and Lutfi, Wibawa, M. Pd. (2016) PENGEMBANGAN MODEL WISATA BELAJAR DI KEBUN BINATANG GEMBIRALOKA YOGYAKARTA SEBAGAI LABORATORIUM LUAR KAMPUS. Artikel Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi.

[img]
Preview
Text
UPT.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Program wisata belajar sebagai laboratorium luar kampus dirancang dengan melibatkan pengelola kebun binatang Gembiraloka, dosen, mahasiswa dan alumni jurusan Pendidikan Luar Sekolah Luar Sekolah FIP UNY sebagai fasilitator belajar. Mahasiswa dan alumni sebagai fasilitator belajar diharapkan mendapatkan pengalaman yang bermanfaat sebagai bagian peningkatan kemampuan lulusan sarjana PLS. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan potensi dan masalah dalam pengembangan model wisata belajar di kebun binatang Gembiraloka Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Menyusun model wisata belajar di kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta sebagai bagian laboratorium luar kampus Jurusan PLS FIP UNY. 2) Merumuskan panduan pelaksanaan pembelajaran wisata belajar di kebunbinatang Gembira Loka Yogyakarta. 3) Menyusun panduan praktik lapangan mahasiswa PLS sebagai fasilitator belajar. Pengembangan model wisata belajar ini dilakukan melalui penelitian dan pengembangan. Pada tahap awal ini digali informasi tentang potensi dan masalah dalam mengembangkan model wisata belajar sebagai laboratorium luar kampus. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di kebun binatang Gembiraloka Yogyakarta. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan metode forum group discution, wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Penelitian tahap awal ini ditemukan sebagai berikut: 1) Masih minimnya sumberdaya manusia yang mampu mengelola kebunbinatang Gembiroloka sebagai wisata belajar, 2) belum tersedianya desain model wisata belajar dikebunbinatang Gembiroloka. 3) masih kurangnya materi outing class pada pelaksanaan pembelajaran luar sekolah di Gembira LokaZoo. 4) Pendampingan yang dilakukan oleh GembiraLokaZoo masih belum optimal, 5) masih kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki Gembira Loka Zoo untuk mendukung kegiatan outing class.Potensi yang dimiliki gembiroloka. 1) Sarana Dan Prasarana GembiraLoka Zoo, 2) Koleksi bintang yang lengka puntuk pembelajaran, 3) banyak pengunjung dari berbagai kondisi sosial ekonomi dan berbagai startifikasi dan kualifikasi pendidikan , 4) memiliki kondisi lingkungan dan alam yang sejuk, 5) sumberbiaya yang cukup, 6) memiliki laboratorium alam (flora dan fauna ) yang lengkap, 7) memiliki jejaring (networking) dengan lembaga pemerintah, perguruan tinggi dan anggota masyarakat lainnya yang peduli pan pendidikan. Berdasarkan hasil identifikasi masalah dan potensi tersebut maka di susun desain model wisata belajar di kebun binatang Gembiroloka sebagai laboratorium luarsekolah yang dilengkapi dengan panduan kegiatan, panduan pembelajaran, dan panduan pengembangan laboratorium.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2016
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Model, Wisata Belajar, Laboratorium Luar Kampus
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 30 Mar 2017 01:45
Last Modified: 30 Mar 2017 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48398

Actions (login required)

View Item View Item