LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Apriliani Endah Kusumastuty, Apriliani Endah Kusumastuty (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13203241036_Apriliani Endah K.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta dengan latar belakang universitas pendidikan mempunyai tugas menyiapkan serta menghasilkan guru/ tenaga pendidik yang memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagai tenaga profesional pendidikan. Dalam menyiapkan tenaga pendidikan tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan para mahasiswa tentang proses belajar-mengajar melalui mata kuliah pendidikan. Melalui program-program mata kuliah pendidikan tersebut diharapkan mampu memberi bekal yang cukup kepada para mahasiswanya menghadapi dunia kerja di bidang pendidikan secara khusus dan dunia kerja secara umum. Mata kuliah yang diselenggarakan meliputi mata kuliah teori, praktek dan mata kuliah lapangan. Salah satu contoh mata kuliah lapangan yang wajib lulus adalah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai latihan kependidikan yang bersifat intrakulikuler. Karena pelaksanaan PPL yang langsung berinteraksi dengan peserta didik membutuhkan persiapan yang matang, maka pihak Universitas Negeri Yogyakarta memberi pembekalan khusus tentang pelaksanaan PPL. PPL ini memiliki misi untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu lokasi yang menjadi lokasi pelaksanaan program PPL UNY 2016 adalah SMA Negeri 1 Imogiri yang beralamat di Wukirsari, Imogiri, Bantul. Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL melalui beberapa tahap yaitu diawali dengan observasi sekolah dengan melihat secara langsung KBM yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai bidang ilmunya masingmasing. Kemudian dilaksanakan kegiatan mengajar di kampus bersama dosen micro teaching dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktek mengajar di sekolah.Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Dalam kegiatan PPL ini mahasiswa mengampu mata diklat Bahasa Jerman dengan tiga tatap muka seminggu. Tiap minggu praktikan mengajar selama 2 x 45 menit di setiap kelasnya. Mahasiswa praktikan melakukan praktik mengajar di kelas X 1, X 2 dan X 4. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Dimulai dengan persiapan PPL berupa pembuatan buku kerja guru yang berisi tentang Rencana Pelaksanaan Pemelajaran, Agenda Pembelajaran, Program Tahunan, Program Semester, dan Kisi-kisi Soal. Dalam pelaksanaan PPL terdapat beberapa hambatan teknis, namun hambatan itu dijadikan sebagai sebuah pengalaman berharga bekal menghadapi realita dunia pendidikan sebenarnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2015, SMA Negeri I Imogiri
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Mar 2017 01:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48392

Actions (login required)

View Item View Item