PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK PEMBELAJARAN DI SMK

Mahmudi, Ali and Sugiman, Sugiman and Lestari, Himmawati Puji and Hernawati, Kuswari (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK PEMBELAJARAN DI SMK. Artikel Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi.

[img]
Preview
Text
UPT.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib di setiap jenjang sekolah, termasuk di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Matematika mempunyai peranan penting dalam upaya penguasaan ilmu dan pengembangan teknologi. Dengan demikian, penguasaan matematika yang baik akan mendorong kemajuan IPTEK. Kompetensi yang harus dikuasai siswa diharapkan dapat dicapai melalui proses pembelajaran yang dirancang dengan baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran adalah bahan ajar. Salah satu kriteria yang digunakan untuk menilai kualitas bahan ajar adalah jika bahan ajar tersebut memenuhi kriteria tertentu, yaitu valid, praktis, dan efektif. Aspek validitas berkaitan dengan kesesuaian bahan ajar yang dikembangkan dengan teori-teori yang mendukung. Aspek kepraktisan berkaitan dengan kemudahan bahan ajar dipraktikkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Sedangkan aspek efektivitas berkaitan dengan ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar matematika dengan pendekatan kontekstual untuk pembelajaran di SMK kelompok teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian buku ajar, angket respon siswa terhadap buku ajar, dan angket kepraktisan penggunaan buku ajar oleh guru, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian berupa buku ajar matematika dengan pendekatan kontekstual untuk pembelajaran di SMK kelas XI yang memenuhi kriteria valid, efektif, dan praktis.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2016
Uncontrolled Keywords: buku ajar, pendekatan kontekstual, matematika, SMK
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 29 Mar 2017 03:00
Last Modified: 15 Oct 2019 05:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48359

Actions (login required)

View Item View Item