PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN UNTUK MENGATASI BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI YOGYAKARTA

Achmad Dardiri,, Prof. Dr. M.Hum and Farida, Hanum and Setya Raharja, M.Pd. (2016) PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN UNTUK MENGATASI BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI YOGYAKARTA. Artikel Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi.

[img]
Preview
Text
UPT.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan model pemanfaatan model pendidikan untuk mengatasi bullying di sekolah menengah kejuruan di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian multiyears yang direncanakan dilaksanakan selama tiga tahun. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada guru tentang bullying dan dampaknya yang berbahaya bagi perkembangan kepribadian anak. Kemudian membangun komitmen guru dan warga sekolah untuk meniadakannya. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pemanfaatan model pendidikan untuk mengatasi bullying di sekolah menengah kejuruan di Yogyakarta; (2) mengembangkan buku pedoman model pemanfaatan model pendidikan untuk mengatasi bullying di sekolah menengah kejuruan; (3) mem berikan pemahaman tentang pentingnya mencegah dan mengatasi tindakan bullying kepada semua pihak yang terkait. Pendekatan yang digunakan dalam keseluruhan penelitian ini adalah Research and Developmet (R & D). Subjek penelitian adalah sekolah menengah atas di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, yang didukung focus group discussion (FGD) serta buku catatan lapangan/logbook. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis data dilakukan melalui data reduction, data display, dan reflection d rawing/ verification. Hasil yang ditargetkan dalam penelitian tahun kedua ini adalah: (1) Model pemanfaatan model pendidikan untuk mengatasi bullying di sekolah menengah kejuruan di Yogyakarta; (2) Buku pedoman model pendidikan untuk mengatasi bullying di sekolah menengah kejuruan di Yogyakarta yang telah tervalidasi dan telah diujicobakan; (3) publikasi ilmiah pada jurnal ilmiah atau seminar international.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2016
Uncontrolled Keywords: model pendidikan, bulllying, sekolah menengah kejuruan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 29 Mar 2017 02:16
Last Modified: 29 Mar 2017 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48356

Actions (login required)

View Item View Item