Rita, Eka Izzaty and Budi, Astuti and Nur, Cholimah (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MODEL KONSELING BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA UNTUK ANAK USIA DINI. Artikel Penelitian Strategis Nasional.
|
Text
STN.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
Pertimbangan dilakukan penelitian ini adalah; (1) masa usia prasekolah merupakan pondasi bagi perkembangan berikutnya, (2) hasil kajian peneliti tahun terdahulu menunjukkan adanya berbagai permasalahan perilaku diprediksikan dapat mempengaruhi perkembangan berbagai aspek individu pada masa selanjutnya, dan (3) masih langkanya penelitian dan buku yang mengkaji pendekatan konseling untuk memecahkan masalah yang dihadapi anak usia dini. Oleh karena itu, tujuan akhir penelitian ini adalah menghasilkan produk utama berupa buku ajar yang sudah tervalidasi yang dapat menjadi sumber belajar bagi mahasiswa, pendidik, serta praktisi. Jenis penelitian ini adalah research and development. Produk akhir dari tahun pertama adalah draft isi buku ajar yang berisi dua model konseling, yaitu model konseling terpadu, terencana, dan bertahap untuk anak (Sequentially Planned Integrative Counseling for Children) dan model konseling integratif berbasis petualangan dan terapi bermain Adlerian (An Integratif Model of Adventure-Based Counseling-ABC and Adlerian Play Therapy); yang terbukti dapat mengurangi hambatan penyesuaian diri (perilaku agresif, sulit konsentrasi, belum bisa bersosialisasi, bergantung/pasif) pada anak prasekolah usia 4-6 tahun. Selanjutnya pada tahun kedua ini melakukan validasi draft buku yang dihasilkan pada tahun pertama dengan melakukan uji penilaian ahli materi dan ahli media. Selain itu juga dilakukan analisis uji keterbacaan dengan formula fry dan cloze-test yang dimulai dari kelompok kecil (6 orang sarjana Bimbingan dann Konseling), serta 30 mahasiswa akhir dari Jurusan Bimbingan dan Konseling. Hasil penelitian tahun kedua adalah telah tervalidasinya buku ajar model konseling untuk anak usia dini. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan Grafik Fry pada buku “Model Konseling Berbasis Nilai-nilai Budaya untuk Anak Usia Dini”, diketahui sampel dengan kriteria mudah terdapat pada 2 BAB (4,5), sesuai terdapat 2 BAB (2,8), dan sulit terdapat 4 BAB (1,3,5,6). Dari analisis data dapat diketahui bahwa rata-rata tingkat pembaca pada 10,625 atau dibulatkan menjadi 11, sehingga untuk meminimalisir kesalahan maka kelas rata-rata akan ditambah 1 dan dikurang 1 yaitu pada tingkat keterbacaan cocok untuk tingkat 10,11,12 dengan kriteria sesuai yang berarti buku ini bisa dipahami oleh siswa SMA dan mahasiswa. Dari keseluruhan bab yang diujikan dalam cloze test, dapat disimpulkan bahwa didominasi dengan kategori mudah. Dengan kata lain, buku tersebut layak menjadi buku bahan ajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Laporan Penelitian Strategis Nasional 2016 |
Uncontrolled Keywords: | Buku ajar, model konseling, anak usia dini |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 02:07 |
Last Modified: | 29 Mar 2017 02:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |