LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN

Yoga Utama, Yoga Utama (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13601241107 _Yoga Utama.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMAN 1 Imogiri selama 2 bulan sejak 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Sekolah yang menjadi tujuan PPL beralamat di Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Selama pelaksanaan PPL, mahasiswa diharapkan dapat terlatih kemampuannya dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa, dan guru, serta ikut dalam perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah yang bersangkutan. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan praPPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaran microteaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Imogiri. Setelah melalui kegiatan observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan. Program Kerja PPL yang direncanakan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekrasi (PJKR) di SMAN 1 Imogiri Tahun 2016 ini meliputi: (1) program mengajar, seperti observasi kelas, diskusi RPP dengan teman, membuat RPP, diskusi dengan guru tentang RPP, materi ajar dan lainnya, membuat media pembelajaran, membuat soal tugas atau latihan, pelaksanaan praktik mengajar, evaluasi pelaksanaan mengajar dengan guru dan mendata nilai siswa; (2) program non mengajar, meliputi upacara di sekolah atau hari besar, pendampingan ekstrakulikuler, piket guru, membantu kegiatan di sekolah, rapat kelompok, dan penyusunan laporan PPL. Program kerja PPL di SMAN 1 Imogiri telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan perangkat pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan guru pembimbing. Selain itu, program mengajar di kelas memiliki tantangan juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda. SMAN 1 Imogiri pun memiliki daerah yang dikelilingi oleh perbukitan dan tergolong wilayah dengan sedikit polusi udara karena letak SMAN 1 Imogiri di tengah desa jauh dari keramaian jalan. Sehingga kegiatan pembelajaran Penjas terasa cukup aman dan nyaman. Sarana dan Prasaran Olahraga di SMAN 1 Imogiri pun cukup memadai sehingga anak anak termotivasi dalam melakukan pembelajaran penjas. Selain itu mahasiswa PPL dimudahkan juga oleh sarana dan prasarana yang cukup memadai di SMAN 1 Imogiri ini, sehingga mahasiswa tidak terlalu banyak membuat bahan atau media pembelajan untuk siswa. SMAN 1 Imogiri memiliki siswa yang sangat beragam dan setiap kelas memiliki ciri khas yang berbeda sehingga sangat tepat apabila sekolah ini menjadi sekolah yang dijadikan Praktik Pengalaman Lapangan oleh mahasiswa UNY.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2015, SMA N I IMOGIRI
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Mar 2017 01:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48348

Actions (login required)

View Item View Item