LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 1 IMOGIRI

Maya Indah Sari, Maya Indah Sari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 1 IMOGIRI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14405247002_Maya Indah Sari.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa program studi pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta mengemban tugas negara untuk mampu mengabdi sebagai pendidik bagi nusa dan bangsa. Tugas negara tersebut memerlukan berbagai pembekalan akademik dan keterampilan, yang dapat diambil di bangku kuliah maupun di ranah praktik lapangan. Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri Yogykarta memberikan suatu program praktik bagi mahasiswa untuk melatih diri dan menambah pengalaman dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah. Program tersebut merupakan suatu kegiatan Praktik Pengalamanan Lapangan (PPL) yang dilaksanakan mahasiswa pada semester genap tahun 2016 di SMA Negeri 1 Imogiri, Kabupaten Bantul. Tahapan pelaksanaan PPL mencakup tahapan observasi, persiapan praktik mengajar di gedung fakultas, dan penerjunan lapangan. Kegiatan penerjunan lapangan merupakan kegiatan inti dari PPL yang mana terdiri atas praktik mengajar, keikutsertaan aktif dalam rangkaian kegiatan sekolah, dan pembagian tugas piket untuk membantu guru dan karyawan perpustakaan sekolah. Tanggungjawab sepenuhnya diemban mahasiswa dalam kegiatan praktik mengajar, yang dibebantugaskan oleh guru bidang studi dalam memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa. Kegiatan praktik mengajar dijalani mahasiswa dengan metode pembelajaran ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Pelaksanaan pembelajaran turut diselingi dengan model TGT dan Mix and Match untuk meningkatkan minat siswa di kelas. Media yang digunakan selama kegiatan pembelajaran antara lain berupa slide presentasi bahan ajar, video pembelajaran, dan papan tulis. Seluruh tugas pembelajaran dilaksanakan di kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4 SMA N 1 Imogiri. Kegiatan PPL yang dimulai pada tanggal 16 Juli 2016 secara resmi berakhir dengan penarikan PPL pada tanggal 15 September 2016. Pembelajaran bidang studi Geografi yang terpenuhi selama kegiatan PPL adalah materi KD 1 KTSP mengenai Biosfer. Evaluasi dilaksanakan sebelum penarikan dan menyajikan hasil analisis nilai yang bervariasi. Rentang nilai hasil evaluasi akhir siswa berada pada nilai terendah 6,7 dan nilai tertinggi 10. Hasil evaluasi tersebut menjadi refleksi mahasiswa sebagai pengajar untuk menilai kekurangan dan pencapaian keberhasilan dalam mengajar. Kegiatan PPL selama dua bulan di SMA N 1 Imogiri memberikan pengalaman pendidikan yang cukup banyak kepada mahasiswa. Pengalaman pendidikan ini menjadi bekal pada mahasiswa mengenai esensi kegiatan belajar mengajar serta dedikasi dan loyalitas yang harus dimiliki oleh seorang guru. Hambatan yang diperoleh mahasiswa selama kegiatan umumnya adalah permasalahan komunikasi antara mahasiswa, guru, dan siswa. Hambatan tersebut diharapkan dapat diatasi dengan program observasi pra-PPL yang lebih intensif dengan target pencapaian yang terencana dengan efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, SMA Negeri 1 Imogiri
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Mar 2017 00:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48343

Actions (login required)

View Item View Item