LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Diah Nuraini Kartikasari, Diah Nuraini Kartikasari (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
19).13301241006_Diah Nuraini.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa UNY yang berlokasi di SMA N 3 Bantul telah dilaksanakan dari tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan PPL bertujuan melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pembekalan PPL yang dilaksanakan sebelum penerjunan ke lapangan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap observasi potensi pengembangan sekolah yang meliputi observasi kegiatan pembelajaran dan observasi fisik sekolah, identifikasi dan inventarisasi permasalahan, penyusunan rancangan program, dan pelaksanaan program. Ada beberapa program kerja PPL yang diprogramkan oleh praktikan antara lain pelaksanaan piket salam pagi dan lobby. Sedangkan untuk program PPL individu adalah penyusunan perangkat administrasi mengajar (yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, dll.), Lembar Kerja Siswa, praktik mengajar terbimbing dan mandiri, serta menyusun dan mengembangkan instrumen evaluasi berupa soal ulangan, kisi – kisi dan rubrik penilaian. Setelah pelaksanaan peserta PPL wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PPL. Secara umum, program kerja kegiatan PPL di sekolah tersebut dapat terlaksana dengan lancar, namun masih ditemui sedikit hambatan, misalnya siswa yang sulit untuk dikondisikan. Kegiatan PPL menambah wawasan dan pengalaman bagi mahasiswa serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menemukan permasalahan seputar kegiatan belajar mengajar di lokasi tempat PPL. Selain itu, mahasiswa juga dapat menemukan solusi pemecahan dari permasalahanpermasalahan tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program Kerja, SMA Negeri 3 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Mar 2017 08:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48335

Actions (login required)

View Item View Item