LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

RIFKI FAKHRIZAL EFENDI, RIFKI FAKHRIZAL EFENDI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL RIFKI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan dengan berlangsungnya pembelajaran. Hal tersebut merupakan garis besar dari program PPL yang merupakan implementasi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran. Pelaksanaan PPL dilakukan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016 bertempat di SMP N 2 Pleret yang beralamat di Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul. Kegiatan PPL ini melaksanakan program-program kegiatan dengan ketrampilan yang dimiliki oleh mahasiswa yang diperoleh selama berada di perguruan tinggi dan didukung kondisi lingkungan warga sekolah. Sebelum memulai untuk melakukan kegiatan mengajar, terlebih dahulu mahasiswa melakukan persiapan dengan mengikuti mata kuliah wajib lulus yaitu pengajaran mikro, pembekalan PPL dan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menyusun program kerja. Dari hasil observasi diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum diberdayakan serta dapat mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan program PPL. Berdasarkan hasil observasi, maka mahasiswa merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama PPL. Program PPL yaitu konsultasi dengan guru pembimbing, konsultasi dengan dosen pembimbing PPL, pembuatan perangkat pembelajaran (RPP), pencarian bahan untuk mengajar, pengajaran dan pedampingan guru atau teman sejawat mengajar/ asistensi, pembuatan lembar kerja siswa, pengoreksian lembar kerja siswa, pemasukan nilai lembar kerja siswa, pembuatan media, pendampingani ekstrakurikuler drumband, pendampingan lomba Karya Ilmiah Remaja, pendampingan kegiatan siswa (seperti: lomba gerak jalan dan sepeda hias), administrasi guru (Dapodik), piket guru jaga, penataan perpustakaan, upacara hari Senin, upacara hari Kemerdekaan RI, penyambutan kedatangan siswa, pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan pembuatan laporan.Hasil yang diperoleh selama PPL adalah bahwa mahasiswa telah mendapatkan pengetahuan terpadu antara teori dengan praktik yang sangat bermanfaat. Selain pengalaman mengajar, mahasiswa juga memperoleh pengalaman yang berkaitan dengan tugas guru di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 2 Pleret, Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Mar 2017 01:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48151

Actions (login required)

View Item View Item