LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Liapit Nadia Yuniar, Liapit Nadia Yuniar (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PPL LIAPIT NADIA YUNIAR.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib lulus bagi mahasiswa yang mengambil program kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Adapun tujuan dari mata kuliah ini yaiu untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Semester Khusus Tahun 2016/2017 dilaksanakan dari tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Pada waktu tersebut mahasiswa diwajibkan berada di sekolah sesuai dengan jam kerja yang berlaku. Selain dituntut untuk dapat melaksanakan praktik mengajar secara terbimbing dan mandiri, mahasiswa PPL juga dituntut untuk melaksanakan kegiatan administrasi sekolah. SMP Negeri 2 Pleret yang beralamat di Kedaton, Pleret, Bantul, Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PPL UNY tahun ini. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Dalam kesempatan ini praktikan mendapat kesempatan untuk mengajar pada kelas VII dengan menggunakan Kurikulum 2013 yang telah di revisi. Dalam praktik mengajar, praktikan dibimbing oleh Ibu Sulistyaningtyas, S.Pd, Kn selaku guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Pleret. Selain dibimbing oleh guru mata pelajaran, praktikan juga dibimbing oleh Dosen Mikro dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Bapak Suripno, S.H, M.Pd. Dalam praktik mengajar terbimbing, mahasiswa harus mampu menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran di kelas secara utuh yang terpadu dengan didampingi oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing bidang studi. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2016 sampai dengan 12 Sepetember 2016. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 22 kali dengan alokasi waktu 80 menit setiap pertemuan (2x40 menit) dan 40 menit setiap pertemuan (1x40 menit). Praktik mengajar tersebut dilaksanakan sesuai dengan jadwal pelajaran yang telah ditetapkan oleh SMP N 2 Pleret dan didiskusikan bersama guru pembimbing yaitu sebagai berikut, kelas VII A (Rabu jam ke 5-6 yaitu jam 10.20-11.40 dan Kamis jam ke 3 yaitu jam 0.40-09.20) kelas VII B (selasa jam ke 1-2 yaitu jam 07.00-18.40 dan Rabu jam ke 4 yaitu jam 09.40-10.20) keas VII D (umat, jam ke 5 yaitu jam 10.20-11.00) dan kelas VII E (Kamis, 6-7 yaitu jam 11.00-11.40 kemudian dilanjutkan jam 12.00-12.40). Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 2 Pleret, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Mar 2017 01:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48147

Actions (login required)

View Item View Item