PENGEMBANGAN PROGRAM MODEL PAUD FULL DAY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DAN KELEMBAGAAN PROGRAM PAUD

Sugito, Dr. and Puji Yanti, Fauziah (2016) PENGEMBANGAN PROGRAM MODEL PAUD FULL DAY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DAN KELEMBAGAAN PROGRAM PAUD. Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PASCA.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model program Pembelajaran PAUD fullday sebagai model hipotetik dan menghasilkan panduan PAUD fullday dengan komponen rencana kegiatan pembelajaran, model pembelajaran, dan pemberdayaan orang tua PAUD fullday, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tahapan studi pendahuluan, design model program pembelajaran, validasi, uji coba dan revisi dan tahap terakhir adalah diseminasi. Hasil penelitian tahun pertama dilakukan pemetaan dengan menggunakan standar pencapaian perkembangan, Pendidik dan tenaga kependidikan, isi proses dan penilaian, pengelolaan, pembiayaan dan keuangan. Adapun hasil temuan penelitian tahun pertama PAUD fullday adalah: 1) layanan PAUD fullday terdiri dari layanan TPA, KB, dan TK tidak terintegrasi artinya layanan pembelajaran terpisah dari kegiatan di pagi hari dan sore hari 2) diperlukan moel-model pembelajaran yang holistik dalam arti menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak dari pagi sampai sore; 3) penilaian pencapaian perkembangan anak belum terdokumentasikan secara rapi sehingga diperlukan model penilaian yang menyeluruh dari keseluruhan aktivitas anak, dan 4) pentingnya pemberdayaan orang tua dalam pembelajaran fullday. Temuan tahun kedua menghasilkan model program pembelajaran PAUD fullday yang telah divalidasi oleh expert dengan hasil baik dan menghasilkan panduan penyelenggaraan PAUD full day untuk usia Bawah tiga tahun, kelompok Bermain dan taman Kanak-Kanak. Format rencana pembelajaran dan penilaian terintegrasi dan terpadu. Model Program fullday yang telah dikembangkan adalah PAUD fullday berbasis agama di SalmanAl-Farisi, PAUD fullday holistic Integratif di Baitussalam dan pengembangan media pembelajaran di PAUD fullday di Baitussalam. Pada tahun Ketiga dilakukan Diseminasi atau penyebaran hasil penelitian berupa model Program Pembelajaran PAUD fullday dari ketiga layanan baik BATITA, KB dan TK. Uji coba dilakukan di seluruh wilayah DIY

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana 2016
Uncontrolled Keywords: PAUD fullday, kualitas layanan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 16 Mar 2017 02:46
Last Modified: 16 Mar 2017 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48106

Actions (login required)

View Item View Item