PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBANGSAAN DAN KEARIFAN LOKAL DALAM MASYARAKAT MULTIKULTUR DI SEKOLAH

Samsuri, Samsuri and Suharno, Suharno (2016) PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBANGSAAN DAN KEARIFAN LOKAL DALAM MASYARAKAT MULTIKULTUR DI SEKOLAH. Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PASCA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dalam jangka panjang bertujuan untuk mengembangkan sejumlah komponen kompetensi kewarganegaraan untuk menjadikan nilai-nilai kebangsaan dan kekayaan ajaran kearifan lokal sebagai cara bertahan dan bergaul dengan bangsa-bangsa lain di Abad ke-21 ini. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah menggunakan komponen kompetensi kewarganegaraan sebagai cara mengukur keberhasilan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)/Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan menggunakan nilai-nilai kebangsaan dalam setiap dokumen yang menjadi dasar kehidupan bersama masyarakat Indonesia yang multikultur dan sejumlah ajaran kearifan lokal untuk membumikan keindonesiaan dalam proses kurikuler di sekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan langkahlangkah penelitian pengembangan dan eksperimentasi model pengembangan kompetensi kewarganegaraan sebagai cara mengukur keberhasilan penggunaan nilai-nilai kebangsaan dan kearifan lokal dalam Mata Pelajaran PKn dan PPKn di SMP/MTs dan/atau SMA/MA. Secara teknis, pertama, mengidentifikasi nilai- nilai kebangsaan yang menjadi dasar kehidupan bersama masyarakat multikultur Indonesia dan sejumlah ajaran kearifan lokal nilai-nilai karakter kewargaan multikultural. Kedua, menyusun model pengembangan komponen kompetensi kewarganegaraan untuk menjadikan nilai-nilai kebangsaan dan kekayaan ajaran kearifan lokal bermakna dan penting dalam pembentukan warga negara yang berkepribadian Indonesia melalui pembelajaran PKn/PPKn di sekolah. Hasil penelitian pada tahun pertama diperoleh hal-hal sebagai berikut. Pertama, hasil kajian akademik terhadap pengembangan kompetensi kewarganegaraan dalam dokumen Kurikulum 2006 dan 2013 secara tegas dinyatakan dalam Mata Pelajaran PKn dan PPKn di sekolah, meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kedua, nilai-nilai kebangsaan dan ajaran kearifan lokal dalam masyarakat multikultur telah dikembangkan sebagai materi pokok terutama Mata Pelajaran PPKn di sekolah. Ketiga, empat tesis karya mahasiswa anggota Penelitian Tim Pasca Sarjana ini telah mengelaborasi model pedagogik pengembangan kompetensi kewarganegaraan Mata Pelajaran PKn dan PPKn di sekolah (SMP dan SMA), serta mengelaborasi penyiapan kompetensi profesional para mahasiswa calon guru PPKn/PKn di sejumlah LPTK di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana 2016
Uncontrolled Keywords: kompetensi kewarganegaraan, pendidikan kewarganegaraan, nilainilai kebangsaan, kearifan local
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 16 Mar 2017 01:58
Last Modified: 03 Oct 2019 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48100

Actions (login required)

View Item View Item