PENGEMBANGAN INSTRUMEN ANALISIS DIMENSI PROSES DAN PRODUK KOGNITIF BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA DI INDONESIA

Paidi, Dr., M.Si. and Djukri, - (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ANALISIS DIMENSI PROSES DAN PRODUK KOGNITIF BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA DI INDONESIA. Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PASCA.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen tes. Instrumen tes yang dikembangkan merupakan instrumen tes biologi yang mengacu pada dimensi proses dan produk kognitif yang dikembangkan oleh AndersonKrathwohl. Instrumen yang dikembangkan berkaitan dengan materi biologi kelas XI. Pengembangan instrumen dimensi proses dan produk kognitif pada mata pelajaran biologi ini, diharapkan mampu mengungkap dimensi proses dan produk kognitif biologi peserta didik. Karena pada dasarnya belum terdapat instrumen tes biologi yang mengembangkan instrumen tes dimrnsi proses dan produk kognitif. Instrumen dimensi proses dan produk kognitif biologi direncanakan akan diuji cobakan di beberapa daerah Indonesia. Pengembangan tes pada penelitian ini mengacu pada modifikasi pengembangan tes Wilson dan Oriondo., yakni: (1) pengembangan awal tes, (2) uji coba tes, (3) pengukuran. Penelitian ini direncanakan dilakukan dalam jangka waktu 2 tahun. Tahun pertama hingga tahap uji coba, sedangkan tahun ke-2 penerapan instrumen untuk pengukuran atau digunakan untuk mengungkap ketercapaian dimensi proses dan produk kognitif biologi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tahun pertama diperoleh instrumen tes yang memiliki validitas dan reliabilitas yang baik.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana 2016
Uncontrolled Keywords: instrumen tes, dimensi proses dan produk kognitif, biologi
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 16 Mar 2017 01:55
Last Modified: 16 Mar 2017 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48097

Actions (login required)

View Item View Item