MODEL EDUPRENEURSHIP PELOPOR SMK TECHNO, TEACHER, AND SCHOOLPRENEUR

Dr. M.Bruri, Triyono and Sugiyono, Sugiyono and Herminarto, Sofyan (2016) MODEL EDUPRENEURSHIP PELOPOR SMK TECHNO, TEACHER, AND SCHOOLPRENEUR. Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PASCA.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model edupreneurship pelopor SMK techno, teacher, and schoolpreneur yang terdiri dari: (1) kerangka model edupreneurship SMK, (2) perangkat evaluasi model edupreneurship, dan (3) prosedur yang digunakan untuk pengembangan kompetensi technopreneurship siswa, teacherpreneurship guru, dan pola pengelolaan sumber dana SMK (schoolpreneurship). Penelitian ini termasuk penelitian riset dan pengembangan (R & D), yang akan dilakukan selama tiga tahun. Tahun pertama, melakukan observasi dan mengkaji potensi SMK agar dapat mengimplementasikan model edupreneurship, menyusun kerangka model, menyelenggarakan FGD untuk membahas kerangka model, dan merevisi kerangka model untuk dikembangkan pada tahun berikutnya. Tahun kedua, mengevaluasi model edupreneurship dan mengembangkan prototype web edupreneurship di SMK. Tahun ketiga, uji lapangan akhir serta melakukan diseminasi model akhir edupreneurship. Responden yang dilibatkan dalam FGD pada tahun pertama terdiri atas tiga pakar pendidikan kejuruan dari perguruan tinggi, dua praktisi dari Dinas Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta, serta 10 guru SMK dan mahasiswa. SMK yang dijadikan fokus observasi pada tahun kedua adalah SMKN 2 Depok, SMKN 2 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah Pakem, SMK Muhammadiyah Prambanan dan SMK Nasional Berbah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian tahun kedua dalam laporan akhir ini adalah telah diperoleh perangkat evaluasi technopreneurship, teacherpreneurship, dan schoolpreneurship, serta pengembangan model edupreneurship sebagai hasil evaluasi model kerangka edupreneurship di tahap awal. Perangkat assessment mencakup pengembangan kompetensi technopreneurship siswa, pengembangan kompetensi teacherpreneurship guru, dan pola pengelolaan sumber dana alternatif SMK (schoolpreneurship)yang secara keseluruhan membentuk suatu perangkat evaluasi model edupreneurship. Pada penelitian ini juga dihasilkan pengembangan prototype web edupreneurship SMK sebagai sarana yang mewadahi pihak SMK dalam mengembangkan model edupreneurship berbasis teknologi.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana 2016
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 16 Mar 2017 01:43
Last Modified: 16 Mar 2017 01:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48094

Actions (login required)

View Item View Item