LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016)

Diah Prabawati, Diah Prabawati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111241067_DIAH_PRABAWATI_PG-PAUD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penyelanggaraan kegiatan PPL ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas. Pada kegiatan PPL kali ini untuk Prodi PG PAUD mengambil tempat di TK KKLKMD SIDOMAJU, Plebengan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul yang diselenggarakan selama 2 bulan yang dimulai pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya selain itu kegiatan PPL bertujuan untuk menggali ilmu secara langsung sehingga mahasiswa dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Pelaksanaan PPL diawali dengan observasi lembaga pendidikan yang akan digunakan untuk PPL, selanjutnya tahap pelaksanaan PPL yang meliputi progam pengajaran di sekolah, kegiatan pengajaran dilakukan di 2 kelompok yaitu kelompok A dan kelompok B yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas A1 dengan jumah siswa 14, kelas A2 dengan jumlah siswa 15, kelas A3 dengan jumlah siswa 16, kelas B1 dengan jumlah siswa 26 dan kelas B2 dengan jumlah siswa 17. Masing-masing mahasiswa memiliki kesempatan mengajar sebanyak delapan kali yaitu empat kali di kelas A dan empat kali di kelas B yang meliputi dua kali terbimbing, empat kali mandiri, dan dua kali ujian. Selain kegiatan pembelajaran kegiatan PPL juga meliputi kegiatan nonmengajar seperti mural di dinding bangunan sekolah, special day berupa kegiatan jalan-jalan dan lomba-lomba untuk memperingati HUT RI. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di TK KKLKMD Sidomaju dapat berjalan berkat bantuan dan keragaman dari Dosen Pembimbing Lapangan, Kepala Sekolah, Guru pembimbing, peserta didik dan seluruh warga sekolah. Setelah pelaksanaan program PPL ini diharapkan mahasiswa dapat menjadi pendidik yang berkualitas dan profesional di masa mendatang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Mar 2017 00:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48084

Actions (login required)

View Item View Item