LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016)

Nova Maria Hutagalung, Nova Maria Hutagalung (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111241064_NOVA_MARIA_HUTAGALUNG_PG-PAUD.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan yang kami laksanakan di semester khusus ini merupakan salah satu mata kuliah program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Tujuan yang ingin dicapai dari praktik pengalaman lapangan adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru anak usia dini yang profesional, memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan. Serta meningkatkan kemampuan mahasiswa menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai ke dalam kehidupan nyata di sekolah. Pada kegiatan PPL kali ini untuk Prodi PG PAUD mengambil tempat di TK KKLKMD Sidomaju yang diselenggarakan selama 2 bulan yang dimulai pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Pelaksanaan PPL diawali dengan observasi lembaga pendidikan yang akan digunakan untuk PPL, selanjutnya tahap pelaksanaan PPL yang meliputi progam pengajaran di sekolah, kegiatan pengajaran dilakukan di 2 kelompok yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas A1 dengan jumah siswa 14, kelas A2 dengan jumlah siswa 15, kelas A3 dengan jumlah siswa 16, kelas B1 dengan jumlah siswa 26 dan kelas B2 dengan jumlah siswa 17. Masing-masing mahasiswa memiliki kesempatan mengajar sebanyak delapan kali yaitu empat kali di kelas A dan empat kali di kelas B yang meliputi dua kali terbimbing, empat kali mandiri, dan dua kali ujian. Selain kegiatan pembelajaran kegiatan PPL juga meliputi kegiatan mural di dinding bangunan sekolah, special day berupa kegiatan jalan-jalan, menghias roti dan makan bersama-sama dan mengadakan lomba-lomba untuk memperingati HUT RI. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di TK KKLKMD Sidomaju ini berlangsung lancar meskipun terdapan beberapa factor penghambat seperti yang nantinya akan dijelaskan dalam laporan namun bsemua penghambat tersebut bisa kami atasi berkat dukungan yang diberikan oleh semua pihak antara lain Dosen Pembimbing Lapangan, Guru, peserta didik dan seluruh warga sekolah.. Dalam hal ini semua jajaran yang ada di TK KKLKMD Sidomaju menjalankan fungsi masing-masing dengan sangat baik sehingga sangat membantu bagi kami dalam memnuntaskan semua program yang telah kami susun. Setelah pelaksanaan progam PPL mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan hasil kegiatan PPL yang telah diaksanakan selama dua bulan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran, TK KKLKMD Sidomaju
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Mar 2017 00:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48081

Actions (login required)

View Item View Item