SINTA IRMAYANTI, SINTA IRMAYANTI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 3 PAJANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK ppl.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (923kB) | Preview |
|
|
Text
ISI LAPORAN LENGKAP pdf.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
CATATAN HARIAN.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
Matrik kerja PPL.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
MATRIKS PROGRAM KERJA PPL UNY.pdf Download (475kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan istilah kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan mahasiswa yang menyangkut tugas kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktek mengajar, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. Pelaksanaan program PPL khusus untuk mahasiswa program studi kependidikan ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan PPL akan sangat membantu mahasiswa dalam menjajagi realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Sebelum pelaksanaan PPL di sekolah, terlebih dahulu diadakan kegiatan observasi lapangan (kelas). Observasi sekolah ini dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program PPL yang akan dilaksanakan, mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, mengetahui karakter siswa, serta mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Begitu pula dengan kegiatan konsultasi atau bimbingan dengan guru pembimbing dilakukan dalam rangka persiapan dalam pelaksanaan PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 15 Juli s.d. 15 September 2016 bertempat di SMP N 3 Pajangan yang beralamat di Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain adalah persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan media pembelajaran, melakukan praktik mengajar terbimbing dan mandiri serta evaluasi. Adapun administrasi mengajar yang dibuat adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), selain itu pengembangan media pembelajaran berupa video. Pengembangan media pembelajaran disini bertujuan guna meningkatkan dan memperbarui media pembelajaran sebelumnya. Dengan adanya media ajar yang telah dikembangkan diharapkan siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan. Dikarenakan dengan pengembangan media pembelajaran, pembelajaran tersebut menjadi tidak monoton. Sehingga siswa akan dengan senang hati memperhatikan pembelajaran didalam kelas. Selain memudahkan penyampaikan materi, mengembangan media pembelajaran juga berpengaruh dalam berkembangnya isi materi pembelajaran yang akan disampaikan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, media pembelajaran, SMP N 3 Pajangan |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 16 Mar 2017 04:46 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |