KOLABORASI GURU REGULER DENGAN GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM LAYANAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI KELAS 1 SD TAMAN MUDA YOGYAKARTA

Nurul, Chomza (2017) KOLABORASI GURU REGULER DENGAN GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM LAYANAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI KELAS 1 SD TAMAN MUDA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurul Chomza_12103241079.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kolaborasi guru reguler dengan guru pendamping khusus dalam layanan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi kelas satu SD Taman Muda Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu guru kelas 1 dan guru pendamping khusus sekolah. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi subyek dan melakukan member check. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kelas satu SD Taman Muda Yogyakarta, guru reguler telah melaksanakan kolaborasi dengan guru pendamping khusus sekolah. Guru reguler dengan guru pendamping khusus sekolah saling berinteraksi dan terbuka terhadap permasalahan yang dihadapi terkait pembelajaran anak berkebutuhan khusus di kelas satu dan berpartisipasi dalam program pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru reguler dengan guru pendamping khusus sekolah yaitu kesulitan dalam penyusunan program pembelajaran individual, karena jumlah anak berkebutuhan khusus di SD Taman Muda yang terlalu banyak, yaitu 7 anak berkebutuhan khusus dari 9 siswa di kelas satu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 15 Mar 2017 07:56
Last Modified: 30 Jan 2019 13:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48072

Actions (login required)

View Item View Item